Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Emisi Karbon pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Chendra, Emerlita Nikyta (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Emisi Karbon pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (916kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy

Abstract

Pengungkapan emisi karbon penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan informasi stakeholder perusahaan. Hal ini dikarenakan menurut teori stakeholder perusahaan tidak dapat hanya berfokus pada kepentindan perusahaan semata tetapi juga harus memperhatikan kepentingan stakeholder sehingga sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholder perusahaan akan mengungkapkan informasi keuangan maupun non-keuangan termasuk pengungkapan emisi karbon. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh kinerja lingkungan, profitabilitas, media exposure, dan kepemilikan institusional, tipe industri, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan emisi karbon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif berupa laporan tahunan. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan, media exposure, tipe industri, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon. Leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon. Profitabilitas dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon, hal ini dapat terjadi karena pengungkapan emisi karbon merupakan bagian dari kebijakan manajemen yang tidak dipengaruhi oleh profitabilitas maupun kepemilikan institusional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan emisi karbon, kinerja lingkungan, profitabilitas, media exposure, dan kepemilikan institusional, tipe industri, leverage, ukuran perusahaan.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6633 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 11:15
Last Modified: 29 Jan 2019 11:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17280

Actions (login required)

View Item View Item