Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Tunai pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017

Adrian, Danar (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Tunai pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan didirikan dengan tujuan untuk mendapatkan laba. Laba merupakan kelebihan dalam penghasilan atas beban yang terkait dalam kegiatan operasi perusahaan suatu periode tertentu. Pembagian laba dapat dilakukan dengan dividen tunai dimana dividen tunai dapat memacu kinerja saham di Bursa Efek. Dari dua pilihan tersebut, perusahaan lebih memilih laba digunakan untuk pembagian dividen tunai karena dividen tunai dapat memacu kinerja saham di Bursa Efek. Kebijakan dividen tunai sangat diperlukan karena kebijakan dividen merupakan bentuk pertanggungjawaban manajemen terhadap pemegang saham. Hal ini karena manajemen harus memahami betul kondisi keuangan perusahaan sehingga dapat mengambil keputusan atas kebijakan dividen tunai dengan tepat. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh arus kas operasi, laba akuntansi, leverage dan investment opportunity set terhadap kebijakan dividen tunai. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan yang diperoleh dari website BEI atau website masing-masing perusahaan, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2017. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus kas operasi, laba akuntansi dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen tunai namun Investment opportunity set berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen tunai. Hal ini menunjukkan perusahaan dalam membagikan dividen tunai tidak memperhatikan besar kecil arus kas operasi, laba akuntansi dan leverage yang dimiliki perusahaan. Namun, apabila kesempatan investasi perusahaan semakin besar, maka juga akan semakin banyak dividen tunai yang akan dibagikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan dividen tunai, arus kas operasi, laba akuntansi, leverage, investment opportunity set.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6631 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 09:28
Last Modified: 29 Jan 2019 09:28
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17325

Actions (login required)

View Item View Item