Pengaruh Anonimitas dan Jenis Kecurangan Atas Tuduhan Whistleblowing terhadap Keputusan Investigasi pada Auditor Internal

Roshan, Stefanie (2019) Pengaruh Anonimitas dan Jenis Kecurangan Atas Tuduhan Whistleblowing terhadap Keputusan Investigasi pada Auditor Internal. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Tindakan kecurangan sering terjadi didalam sebuah perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung adanya kecurangan tersebut dapat mempengaruhi keberlangsungan sebuah perusahaan. Adanya suatu tindakan pelaporan atau pengungkapan atas suatu tindakan kejahatan atau kecurangan yang terjadi dalam suatu organisasi yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang disebut sebagai whistleblowing. Seseorang yang melakukan tindakan whistleblowing disebut sebagai whistleblower, dimana dapat berasal dari dalam maupun luar organisasi tersebut. Tindakan whistleblowing dalam sebuah perusahaan akan dapat berjalan dengan lebih efektif dengan adanya whistleblowing hotline. Pelaporan atas tuduhan whistleblowing pada kecurangan yang ada tidak akan bermanfaat apabila tidak adanya tindaklanjut dari pelaporan yang diterima. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh anonimitas dan jenis kecurangan atas tuduhan whistleblowing terhadap keputusan investigasi pada auditor internal. Penelitian eksperimen dilakukan dengan desain 2 x 2 antar subjek yang akan dilakukan pada mahasiswa S1 jurusan Akuntansi angkatan 2015 dan 2017 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Eksperimen dilakukan dengan memberikan skenario kecurangan yang terjadi dalam suatu perusahaan dengan mempertimbangkan materialitasnya dan sumber informasi dengan pertimbangan anonimitas. Kriteria dari pemilihan sampel yaitu mahasiswa yang telah lulus mata kuliah Pengauditan 2, Pengauditan Internal, dan Akuntansi Keuangan Menengah 3. Kegiatan eksperimen dilakukan di dalam ruang kelas dan diawasi oleh peneliti. Data dari eksperimen akan melalui uji pengecekan manipulasi sebelum data dianalisis dengan alat statistik ANOVA. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa adanya anonimitas dan jenis kecurangan mempengaruhi keputusan investigasi terhadap tuduhan whistleblowing pada auditor internal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anonimitas, jenis kecurangan, tuduhan whistleblowing.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6507 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 10:36
Last Modified: 29 Jan 2019 10:36
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17331

Actions (login required)

View Item View Item