Analisis perbedaan kinerja perusahaan sebelum dan sesudah merjer dan akuisisi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2012

Sugianto, Lewi (2019) Analisis perbedaan kinerja perusahaan sebelum dan sesudah merjer dan akuisisi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2012. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan harus selalu mengembangkan usahanya untuk dapat bersaing. Salah satu caranya dengan melakukan kombinasi bisnis melalui merjer dan akuisisi. Dengan dilakukannya merjer dan akuisisi perusahaan bisa mendapat tambahan modal, sinergi, diversifikasi, dan menambah kemampuan manajemen. Dengan keuntungan dari merjer dan akuisisi diharapkan kinerja perusahaan menjadi lebih baik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbedaan dari kinerja perusahaan sebelum dan sesudah merjer dan akuisisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa event study mengenai merjer dan akuisisi pada perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2011 dan 2012. Variabel independen berupa kinerja perusahaan yang diukur dengan kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Data kuantitatif yaitu laporan keuangan didapat dari website Bursa Efek Indonesia (BEI) dan juga Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Populasinya adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI dengan teknik penyampelan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda sampel berpasangan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa merjer dan akuisisi membuat kinerja keuangan menjadi berbeda. Perubahan yang terjadi pada kinerja keuangan adalah semakin buruk hal ini dikarenakan merjer dan akuisisi merupakan tindakan investasi jangka panjang yang manfaatnya tidak dapat langsung dirasakan. Namun manfaatnya akan berguna pada jangka panjang perusahaan sehingga sebaiknya penelitian selanjutnya menetapkan periode pengamatan yang lebih panjang lagi. Sedangkan pada nilai perusahaan, tidak terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah merjer dan akuisisi terjadi. Hal ini kemungkinan dikarenakan kurang pengetahuannya investor mengenai merjer dan akuisisi mengakibatkan tidak adanya pengaruh terhadap informasi merjer dan akuisisi dilakukan, selain itu mungkin juga event merjer dan akuisisi yang dilakukan merubah nilai perusahaan namun penelitian ini meneliti dengan jangka waktu yang panjang sehingga perubahan tersebut telah menjadi stabil di pasar modal sehingga harga saham telah menjadi stabil sehingga tidak ada perubahan harga saham yang mewakili nilai dari perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Merjer, akuisisi, kinerja keuangan, nilai perusahaan
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6617 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 06:20
Last Modified: 30 Jan 2019 06:20
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17405

Actions (login required)

View Item View Item