Pengaruh spesialisasi auditor dan kepemilikan manajerial terhadap asimetri informasi dengan komite audit sebagai variabel moderasi

Claudya, Flora (2019) Pengaruh spesialisasi auditor dan kepemilikan manajerial terhadap asimetri informasi dengan komite audit sebagai variabel moderasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (652kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memeroleh bukti empiris mengenai pengaruh spesialisasi auditor dan kepemilikan manajerial terhadap asimetri informasi dengan komite audit sebagai variabel moderasi.Spesialisasi auditor adalah auditor yang memiliki kemampuan dan keterampilan auditor terhadap spesifikasi bidang industri. Kepemilikan manajerial berarti memberikan kesempatan kepada manajer untuk terlibat dalam kepemilikan saham, sehingga kedudukan manajer sejajar dengan pemilik perusahaan. Komite audit adalah komite yang berada di perusahaan yang memiliki fungsi pengawasan serta memberikan rekomendasi kepada dewan komisaris terkait penunjukkan kantor akuntan publik. Asimetri informasi adalah satu kondisi saat terjadi ketidakseimbangan informasi yang dimiliki antara manajer sebagai agent dibandingkan investor sebagai principal. Spesialisasi auditor diukur dengan pangsa pasar KAP. Kepemilikan manajerial diukur menggunakan persentase kepemilikan manajer dibandingkan seluruh modal saham perusahaan. Komite audit diukur dengan jumlah komite audit di perusahaan. Asimetri informasi diukur dengan market to book value. Objek dari penelitian ini ada seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penielitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan spesialisasi auditor dan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap asimetri informasi. Penelitian ini juga membuktikan bahwa komite audit mampu memoderasi pengaruh spesialisasi auditor terhadap asimetri informasi. Selanjutnya, hasil penelitian ini membuktikan bahwa komite audit tidak mampu memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial terhadap asimetri informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Asimetri informasi, spesialisasi auditor, kepemilikan manajerial, komite audit
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6644 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2019 05:50
Last Modified: 01 Feb 2019 06:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17439

Actions (login required)

View Item View Item