Analisis dan perancangan sistem penjualan terkomputerisasi pada perusahaan ritel bahan bangunan (Studi kasus pada UD Enam Empat)

Laubianto, Natasha Eunike (2019) Analisis dan perancangan sistem penjualan terkomputerisasi pada perusahaan ritel bahan bangunan (Studi kasus pada UD Enam Empat). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4kB) | Request a copy

Abstract

Sistem merupakan hal yang sangat penting didalam perusahaan karena dengan adanya sebuah sistem yang mengatur, maka proses bisnis akan menjadi lebih baik, efektif dan efisien. Tidak hanya perusahaan bersekala besar saja yang memerlukan sistem, namun perusahaan bersekala kecilpun juga perlu adanya sebuah sistem. Pada penelitian ini digunakan salah satu perusahaan ritel bahan bangunan sebagai objek penelitian, dimana terdapat berbagai permasalahan yang muncul didalam perusahaan tersebut. Permasalahan tersebut adalah tidak adanya batas potongan penjualan, tidak adanya batas pemberian kredit pelanggan, penyimpanan nota yang tidak memadai, dan tidak adanya penyertaan surat jalan pada setiap pengiriman barang. Oleh karena itu diperlukannya sebuah sistem pada siklus pendapatan yang dapat menyelesaikan permasalahan di perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan yang bergerak dalam bidang ritel bahan bangunan untuk mengelola proses bisnis dengan menganalisis siklus pendapatan, dan membuat rancangan sistem penjualan terkomputerisasi. Peneliti menggunakan jenis data kualitatif dengan menggunakan sumber data yang diperoleh dari objek penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan prosedur baru didalam siklus pendapatan, menghasilkan beberapa dokumen baru, kemudian perancangan sistem penjualan terkomputerisasi yang dapat membantu penyelesaian masalah pengarsipan nota, pemberian batas kredit pelanggan, juga perancangan program atas prosedur penjualan baik tunai maupun kredit dari mulai penerimaan pesanan, pengiriman pesanan, penagihan piutang hingga penerimaan kas yang membantu meminimalkan permasalahan didalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Siklus pendapatan, sistem informasi akuntansi, analisis dan perancangan sistem, perusahaan ritel bahan bangunan, sistem penjualan terkomputerisasi
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6640 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:12
Last Modified: 30 Jan 2019 04:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17472

Actions (login required)

View Item View Item