Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2015-2017

Dwidanata, Brellianda (2018) Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2015-2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Manufaktur menjadi kunci penting guna memacu perekonomian nasional karena lebih produktif dan memberikan efek berantai yang luas. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pertumbuhan industri manufaktur besar dan sedang (IBS) tahun 2017 naik 4,74 persen dibandingkan tahun 2016. Untuk membuat perusahaan manufaktur terus bertumbuh adalah dengan adanya beberapa faktor, yaitu profitabilitas, ukuran perusahaan, dan likuiditas faktor-faktor inilah yang nantinya akan berdampak ke nilai perusahaan. Nilai perusahaan yang baik maka akan diminati oleh investor maupun kreditur. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas. Objek penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 128 seluruh perusahaan manufaktur yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh dari idx.com dan aplikasi data saham indonesia. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan dan likuiditas berpengaruh negative dan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa profitabilitas penting untuk tujuannya perusahaan mencari laba dan untuk ukuran perusahaan serta likuiditas berpengaruh positif apabila pihak manajemen mampu mengkonversi piutang dan persediaan menjadi uang cash atau hasil penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6592 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 08:31
Last Modified: 30 Jan 2019 08:31
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17541

Actions (login required)

View Item View Item