Pengaruh intellectual capital dan pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi

Indrawati, Yuli (2019) Pengaruh intellectual capital dan pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan bisnis saat ini merupakan hal yang penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Agar dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk selalu meningkatkan keunggulan kompetitifnya dengan cara mengembangkan sumber daya, salah satunya modal intelektual. Selain itu, keterbukaan dalam perusahaan merupakan hal yang penting, dikarenakan semakin banyaknya pengungkapan yang diungkapkan perusahaan, maka akan semakin dapat menekan adanya asimetri informarsi. Sumber daya dan pengungkapan yang ada secara langsung juga mempengaruhi nilai yang ada dalam perusahaan, yaitu kepercayaan pemangku kepentingan. Akan tetapi, hal ini tidak terlepas dari pencapaian profitabilitas perusahaan. Kemampuan perusahaan dalam mencapai laba yang maksimal merupakan hal yang penting. Dengan adanya laba yang maksimal, tujuan perusahaan akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh intellectual capital dan pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Intellectual capital diukur menggunakan Value Added Intellectual Capital Coefficient (VAICTM). Pengungkapan sustainability report diukur dengan standar yang ditentukan oleh Global Reporting Initiative (GRI), yaitu Sustainability Report Discloure Index (SRDI). Nilai perusahaan diukur menggunakan skala rasio Tobin’s Q, serta profitabilitas diukur menggunakan rasio Return on Asset (ROA). Objek penelitian yang digunakan yaitu perusahaan yang terdaftar di BEI pada periode 2014-2017. Pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan teknik analisis data regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, pengungkapan sustainability report tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, serta profitabilitas tidak mampu memoderasi hubungan intellectual capital dan pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Intellectual capital, pengungkapan sustainability report, nilai perusahaan, profitabilitas
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6602 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2019 06:38
Last Modified: 31 Jan 2019 06:38
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17550

Actions (login required)

View Item View Item