Evaluasi sistem informasi akuntansi pembelian untuk mendukung pengendalian internal pada PT. Ikan Bakar Cianjur Surabaya

Triarni, Maria Marta Listya (2019) Evaluasi sistem informasi akuntansi pembelian untuk mendukung pengendalian internal pada PT. Ikan Bakar Cianjur Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Siklus pembelian merupakan salah satu proses inti bagi banyak perusahaan karena akan berhubungan dengan persediaan dan pengeluaran kas suatu perusahaan. Agar suatu perusahaan dapat menjalankan siklus pembelian dengan baik dan sesuai dengan tujuan perusahaan, maka dibutuhkan pengendalian internal yang baik. Objek penelitian ini dilakukan pada PT. Ikan Bakar Cianjur, dimana perusahaan ini bergerak dalam bidang kuliner. Kejadian yang terdapat pada siklus pembelian di PT. Ikan Bakar Cianjur yaitu bermula dari permintaan pembelian, pemesanan barang, penerimaan dan pengecekkan barang, kemudian penyimpanna barang. Aktivitas sistem informasi akuntansi terhadap siklus pembelian yang diterapkan perusahaan untuk mendukung pengendalian internal di PT Ikan Bakar Cianjur juga masih tergolong lemah sehingga banyak terjadi permasalahan dalam perusahaan dan dapat menyebabkan terjadinya kecurangan sehingga merugikan perusahaan. Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada PT. Ikan Bakar Cianjur yang berkaitan dengan siklus pembelian adalah tidak adanya otorisasi pada formulir permintaan pembelian sehingga dapat terjadi kecurangan pada saat melakukan pembelian, kemudia tidak adanya kartu stok gudang pada perusahaan sehingga tidak ada catatan pasti mengenai persediaan barang yang ada digudang dan yang terakhir terjadinya perangkapan tugas paada kasir yaitu mulai dari pesanan pembelian, penerimaan barang hingga penggecekkan barang semua dilakukan oleh kasir sehingga bisa terjadi kecurangan yang merugikan perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang telah terjadi pada perusahaan maka PT. Ikan Bakar Cianjur pelu membuat alur pembelian baru beserta dokumen baru agar pembelian bisa dilakukan otorisasi dan membuat kartu stok gudang serta perubahan deksripsi tugas yang dilakukan oleh kasir agar tidak terjadi perangkapan tugas oleh kasir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi, siklus pembelian, pengendalian internal, perusahaan bidang kuliner
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6561 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2019 02:22
Last Modified: 01 Feb 2019 03:12
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17555

Actions (login required)

View Item View Item