Pengaruh perceived organizational support, keterlibatan kerja, dan kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada karyawan PT. PELINDO III (Persero) cabang Tanjung Perak Surabaya

Kurniawan, Idho (2018) Pengaruh perceived organizational support, keterlibatan kerja, dan kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada karyawan PT. PELINDO III (Persero) cabang Tanjung Perak Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived Organizational Support, Keterlibatan Kerja, Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan PT PELINDO III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena bahwa persaingan di era globalisasi semakin berkembang pesat yang ditunjukkan dalam bentuk perdagangan bebas seperti Asean Economic Community. Selain itu sumber daya mannusia di dalam perusahaan juga perlu diperhatikan karena merupakan salah satu tolak ukur yang dapat membuat perusahaan unggul dalam bersaing. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 145 karyawan di PT PELINDO III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya. Akan tetapi kuesioner yang diterima oleh peneliti sebanyak 132 responden, sedangkan data yang berhasil diolah sebanyak 118 kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Perceived Organizational Support berpengaruh signifikan terhadap OCB, Keterlibatan Kerja berpengaruh signifikan terhadap OCB, Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap OCB. Organisasi yang memberikan dukungan dan memperhatikan kesejahteraan karyawan maka akan menciptakan perilaku OCB. Selain itu karyawan yang merasa pekerjaan bukanlah beban bagi mereka maka akan membuat mereka melakukan pekerjaan di luar tanggung jawab mereka. Hal terakhir yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah bahwa karyawan yang merasa senang dengan pekerjaannya di perusahaan akan menciptakan kepuasan terhadap pekerjaannya, sehingga mereka akan memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perceived Organizational Support, Keterlibatan Kerja,Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior.
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6366 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 04:29
Last Modified: 30 Jan 2019 04:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17592

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item