Pengaruh corporate governance terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2014-2017

Murniawati, Elysa (2019) Pengaruh corporate governance terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2014-2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (874kB) | Preview
[img] Text (BAB 3)
BAB 3-Elysa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan perusahaan-perusahaan di Indonesia menjadi keuntungan bagi Indonesia untuk meningkatkan sumber pendapatan negara khususnya di sektor pajak. Bagi perusahaan, jumlah pajak yang dibayar menjadi beban bagi perusahaan dan pemilik akan mengurangi keuntungan dan memperkecil laba sebelum pajak. Semakin besar laba sebelum pajak, semakin besar pula beban pajak yang dibayar perusahaan, demikian sebaliknya. Perusahaan berusaha menurunkan besaran pajak yang dibayar, namun pemerintah berusaha meningkatkan besaran pajak yang diterima. Hal ini menimbulkan permasalahan agensi antara perusahaan dengan pemerintah. Perusahaan berusaha meminimalkan beban pajak melalui berbagai cara, salah satunya melalui penghindaran pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate governance terhadap penghindaran pajak. Corporate governance diprosikan dengan kepemilikan institusional, dewan komisaris, komite audit, dan kualitas audit. Penghidaran pajak diukur dengan cash ETR. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dan data sekunder dari perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate governance yaitu prosentase kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak sehingga hasil ini tidak sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelititan ini. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa dewan komisaris, komite audit, kualitas audit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penghindaran pajak sehingga hasil ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelititan ini. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai Adjusted R Square yang dihasilkan yaitu sebesar 0,465 yang berarti bahwa kemampuan varabel independen (kepemilikan institusional, dewan komisaris, komite audit, kualitas audit) dalam menjelaskan variabel dependen (penghindaran pajak) sebesar 46,5%. Nilai tersebut berada dibawah 50% yang berarti model penelitian yang dihasilkan kurang baik. Selain itu, variabel independen yang diteliti hanya berkaitan dengan corporate governance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Corporate governance, penghindaran pajak
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6681 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 04:18
Last Modified: 30 Jan 2019 04:18
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17607

Actions (login required)

View Item View Item