Pengaruh kualitas akrual, likuiditas dan leverage terhadap investment cash flow sensitivity

Soesanto, Stefan (2018) Pengaruh kualitas akrual, likuiditas dan leverage terhadap investment cash flow sensitivity. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Jannah (2013), Shoorvarzy, dkk. (2012) dan Jafari, dkk. (2014). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menitikberatkan pada pengujian hipotesis untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas akrual, likuiditas,leverage, cash flow from operation dan ukuran perusahaan terhadap investment cash flow sensitivity. Perhitungan kualitas akrual menggunakan konsep model Jones (1991) modifikasian dengan menggunakan nilai residu antara discretionary accrual dengan arus kas operasi perusahaan. Besarnya likuiditas diproksikan dengan financial slack, leverage diproksikan dengan debt to asset ratio. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ-45 di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2016. Data sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan data yang digunakan adalah data sekunder. Total sampel yang diperoleh sebanyak 150 data perusahaan berupa laporan keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas akrual berpengaruh negatif dan signifikan terhadap investment cash flow sensitivity. Variabel independen lain dalam penelitian ini yaitu likuiditas, leverage, dan cash flow from operation tidak berpengaruh terhadap investment cash flow sensitivity. Sedangkan variabel kontrol berupa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap investment cash flow sensitivity. Dapat disimpulkan kualitas akrual dapat meminimalkan asimetri informasi yang terdapat dalam perusahaan dan mampu mengurangi ketergantungan investasi perusahaan terhadap arus kas internalnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kualitas akrual, likuiditas, leverage, cash flow from operation, size dan investment cash flow sensitivity
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6616 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 03:39
Last Modified: 30 Jan 2019 03:39
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17631

Actions (login required)

View Item View Item