Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan sukarela laporan tahunan perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017

Putri, Merryza Yulinda (2018) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan sukarela laporan tahunan perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Laporan tahunan merupakan media yang penting dalam penyampaian informasi mengenai posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang sangat bermanfaat bagi para pemakai dalam pengambilan keputusan. Ada dua pihak yang saling bekaitan dengan penggunaan laporan keuangan yaitu pihak principal dan pihak agen. Perusahaan diharapkan untuk lebih transparan dalam pengungkapan informasi keuangan perusahaannya, sehingga dapat membantu para pengambil keputusan. Pengungkapan laporan keuangan merupakan suatu media pertanggungjawaban perusahaan kepada investor yang berguna untuk memudahkan pengambilan keputusan alokasi sumber daya ke usaha-usaha yang paling produktif. Pengungkapan sukarela menjadi informasi yang sangat penting bagi investor dan pemakai informasi lainnya dalam membuat keputusan yang lebih baik, hal ini diperlukan karena pengungkapan wajib dianggap belum mencukupi dalam menyediakan informasi bagi perusahaan. Informasi pengungkapan sukarela dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu profitabilitas, hutang, ukuran perusahaa, dan kepemilikan saham publik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, hutang, ukuran perusahaan, dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan sukarela. Desain penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data adalah kuantitatif dan kualitatif berupa laporan tahunan tahun 2015-2017. Sumber data diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dan website masing-masing perusahaan. Variabel dalam penelitian ini adalah profitabilitas, hutang, ukuran perusahaan, dan kepemilikan saham publik. Objek penelitian adalah perusahan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan kepemiikan saham publik berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan sukarela, sedangkan hutang dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sukarela.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan sukarela, profitabilitas, hutang, ukuran perusahaan, kepemilikan saham publik.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6654 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 07:05
Last Modified: 06 Feb 2019 00:28
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17637

Actions (login required)

View Item View Item