Pengaruh pengungkapan segmen operasi, kepemilikan institusional dan kualitas akrual terhadap biaya ekuitas pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016

Simanjuntak, Cindy Klaudia (2019) Pengaruh pengungkapan segmen operasi, kepemilikan institusional dan kualitas akrual terhadap biaya ekuitas pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan yang beroperasi di bidang apapun sangat penting untuk melakukan pengembangan usaha agar mampu bersaing dalam dunia bisnis sehingga dapat terus memperoleh keuntungan. Dalam melakukan pengembangan, perusahaan membutuhkan dana untuk setiap rencana pengembangan dan perluasan usahanya. Pendanaan dapat diperoleh melalui investor yang memberikan dana dalam bentuk investasi terhadap modal perusahaan. Pendanaan dari investor menimbulkan timbal balik yang diberikan oleh perusahaan berupa tingkat pengembalian atau yang disebut dengan biaya ekuitas. Biaya ekuitas merupakan suatu tingkat yang harus dicapai oleh perusahaan sesuai dengan risiko yang akan diterimanya. Hal ini berarti apabila perusahaan memiliki tingkat risiko yang rendah maka biaya ekuitas yang dikeluarkan juga rendah, demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan segmen operasi, kepemilikan institusional dan kualitas akrual terhadap biaya ekuitas. Desain penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2016, SBI rata-rata tahun 2012-2016 serta data indeks harga saham dan harga saham harian. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2016. Sampel dipilih dengan menggunakan teknil purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan segmen operasi berpengaruh negatif signifikan terhadap biaya ekuita, kualitas akrual berpengaruh positif signifikan terhadap biaya ekuitas. Namun, hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan positif terhadap biaya ekuitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Biaya Ekuitas, Segmen Operasi, Pengungkapan Segmen, Kepemilikan Institusional, Kualitas Arual.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6576 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 07:32
Last Modified: 30 Jan 2019 07:32
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17726

Actions (login required)

View Item View Item