Balanced scorecard sebagai sarana menuju keunggulan bersaing

Dewi, Linda Kusuma (2005) Balanced scorecard sebagai sarana menuju keunggulan bersaing. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dunia bisnis saat ini dan di masa depan dengan transformasi (perubahan - perubahan) yang mengharuskan para manajer untuk menyiapkan perusahaannya dalam menghadapi perubahan lingkungan yang cepat, dinamik, dan rumit. Perubahan lingkungan dan pergeseran fungsi obyektif perusahaan kepada kepuasan pelanggan menuntut akuntansi manajemen sebagai suatu proses dalam organisasi yang bertujuan untuk menyediakan informasi bagi para manajer untuk mampu menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu bagi pengambilan keputusan manajemen. Dulu badan usaha mempunyai pandangan bahwa laba berasal dari produk yang dihasilkan suatu badan usaha. Konsep seperti ini merupakan konsep yang product oriented. Dengan semakin meningkatnya persaingan dalam industri manufaktur, dagang maupun jasa maka kedudukan konsumen semakin kuat yang mengakibatkan pandangan perusahaan terhadap laba berubah. Konsep yang dianut oleh perusahaan bergeser dari konsep yang product oriented menjadi market oriented, di mana perusahaan tidak berpandangan bahwa laba berasal dari produk melainkan berasal dari konsumen. Balance scorecard (BSC) merupakan salah satu metode pengukuran kinerja perusahaan secara keseluruhan yang menjabarkan visi dan strategi perusahaan ke dalam empat perspektif, yaitu financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, learning and growth perspective. Visi dan strategi diterjemahkan ke dalam empat perspektif ini kemudian oleh masing - masing perspektif visi dan strategi tersebut dinyatakan dalam bentuk tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi, ukuran (measures) dari tujuan, target yang diharapkan di masa yang akan datang serta inisiatif - inisiatif atau program yang harus dilaksanakan untuk memenuhi tujuan - tujuan strategis. Empat perspektif di dalam balanee scorecard menyatakan adanya saling keterkaitan untuk dapat menggambarkan strategi yang dimiliki perusahaan, Dengan adanya penerapan balance scorecard ini, diharapkan perusahaan dapat menerapkan strategi yang ditentukan dengan lebih baik dan dapat meningkatkan daya saing perusahaan dengan perusahaan lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Aurelia Riana Ika Susanti
Date Deposited: 30 Mar 2015 08:32
Last Modified: 30 Mar 2015 08:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

View Item View Item