Perencanaan unit pengemasan udang beku vannamei block frozen pada pabrik pembekuan udang peeled tail on (PDTO) dengan kapasitas bahan baku 7.000 kg/hari

Elviani, . (2012) Perencanaan unit pengemasan udang beku vannamei block frozen pada pabrik pembekuan udang peeled tail on (PDTO) dengan kapasitas bahan baku 7.000 kg/hari. Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)). Faculty of Agricultural Technology, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)

Abstract

Udang adalah produk hasil perikanan yang mudah rusak. Kerusakan pada udang mengakibatkan kualitas udang menurun dan tidak bisa diterima oleh konsumen. Untuk mempertahankan umur simpan udang maka diperlukan pengemasan yang tepat. Unit pengemasan udang block frozen pada pabrik pembekuan udang PDTO dengan kapasitas 7.000kg / hari ini akan direncanakan mengenai jenis bahan pengemas yang digunakan, mesin dan alat yang digunakan, tata letak ruang pengemasan, struktur organisasi yang diperlukan untuk unit pengemasan, sumber daya manusia yang dibutuhkan, utilitas, serta analisa ekonomi yang dibutuhkan. Kelayakan suatu unit pengemasan udang ditentukan oleh manajemen unit pengemasan, aspek teknis dan aspek ekonomis. Manajemen unit pengemasan meliputi sumber daya manusia yang dibutuhkan. Aspek teknis meliputi jenis bahan pengemas yang digunakan, tata letak ruang yang memadai, dan sarana prasarana yang digunakan. Dari segi ekonomis, unit pengemasan dikatakan layak apabila tidak melebihi 5-15% dari total biaya produksi. Perencanaan unit pengemasan udang berkapasitas 7.000 kg/hari layak secara manajemen, teknis, dan ekonomis karena karyawan pengemasan terdiri dari 13 orang, 1 orang menjabat sebagai kepala bagian pengemasan, 1 orang menjabat sebagai superintendent, 1 orang menjabat sebagai kepala regu, 10 orang menjabat sebagai karyawan harian tetap, kemasan primer menggunakan polybag berbahan polipropilen, kemasan sekunder menggunakan kotak karton atau inner carton, kemasan tersier berbahan corrugated card board, kemasan tersier tambahan menggunakan master carton berbahan corrugated paperboard, ruang pengemasan udang diletakkan diantara ruang treatment dan cold storage, dan hanya memberikan beban 4,75% dari biaya total produksi.

Item Type: Monograph (Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pengemasan udang, vannamei, frozen block, PDTO
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Rani .
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:50
Last Modified: 20 Feb 2019 01:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17852

Actions (login required)

View Item View Item