Peran Visualisasi Olahraga Terhadap Respon Tubuh.

Antonina, Diana Lestariningsih and Hugeng, Mayasari (2017) Peran Visualisasi Olahraga Terhadap Respon Tubuh. In: Prosiding Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan ke-7 (Ritektra VII) 2017, 3 Agustus 2017, Fakultas Teknik Unika Widya Mandira Kupang.

[img]
Preview
Text (Peran Visualisasi Olahraga Terhadap Respon Tubuh.)
9p-Peran_Visualisasi_Olahraga_asli.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unwira.ac.id/1839/1/ONLINE%20PRO...

Abstract

Berdasarkan teori adanya hubungan antara pikiran dan tubuh, maka peneltian ini mencoba mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada respon tubuh ketika seseorang menerima visualisasi terarah dirinya yang berolahraga. Teknik visualisasi terarah yang dimaksud adalah teknik membayangkan sesuatu senyata mungkin di dalam pikiran dalam kondisi rileks yang dapat distimulasi melalui arahan orang lain yang ditujukan untuk aktivitas berolahraga. Visualisasi terarah direkam berupa audio. Perubahan respon tubuh yang diukur karena aktivitas pikiran tersebut adalah perubahan kecepatan denyut jantung (heart rate), pernafasan (respiratory) dan resistansi kulit. Pengukuran respon tubuh dengan menggunakan simulator BIOPAC MP30 dengan memanfaatkan transducer Galvanic Skin Resistance, Respiratory dan electrode set. Parameter yang diukur kecepatan denyut jantung permenit, pernafasan permenit, dan resistansi kulit (μMho). Hasil pengukuran menunjukkan nilai rata - rata respiratory pada event olah raga 21 Breath/ Minute di atas nilai resting 12 Breath/Minute. Nilai rata - rata GSR pada event olah raga memiliki resistansi terkecil 65KΩ di bawah nilai resistansi kulit kering 100KΩ – 600KΩ. Nilai rata – rata heart rate pada saat event olah raga 79 Beat/Minute (BPM) cenderung stabil pada kondisi resting.Visualisasi terarah secara deskriptif dapat membawa subyek ke dalam kondisi rileks. Beberapa subyek mampu terlarut pada kondisi visualisasi kegiatan berolahraga, sehingga olahraga menjadi terlihat nyata bagi subyek. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan respiratory pada seluruh subyek, heart rate pada 4 orang subyek, dan terjadi penurunan resistansi kulit pada seluruh subyek.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: visualisasi terarah, olahraga pikiran, pernafasan, detak jantung, galvanic skin resistance, relaksasi, biopac
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:41
Last Modified: 12 Feb 2019 04:41
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17909

Actions (login required)

View Item View Item