Alat latih bicara untuk Penderita Tuna Rungu Ringan-Sedang Dengan Memanfaatkan AT89S51.

Antonina, Diana Lestariningsih and Agustine, Lanny and Lumantoro, Alvin (2010) Alat latih bicara untuk Penderita Tuna Rungu Ringan-Sedang Dengan Memanfaatkan AT89S51. In: Prosiding Teknik Elektro., 4 Desember 2010, Univ. Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
Text (Alat latih bicara untuk Penderita Tuna Rungu Ringan-Sedang Dengan Memanfaatkan AT89S51.)
7p-Alat_latih_bicara_.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai "A/at Latih Bicara Untuk Penderita Tuna Rungu RinganSedang dengan memanfaatkan AT89S5/" Tujuan dari penelitian ini adalah membuat a/at bantu proses pembelajaran kata untuk siswa tuna rungu khususnya tuna rungu ringan dan sedang yang masuk pada kategori kondisi kurang dengar. Pembelajaran dilakukan melalui suara yang masuk me/alui mikrofon kemudian dilakukan penguatan dan output pada headphone. Push button terhubung microcontroller yang digunakan untuk menjalankan motor stepper dalam mengunah rnlume amplifier, push fnlffon yang terhubung de11ga11 microcontroller juga berfungsi sebagai on I off pada amplifier dan CCTV melalui pengaturan relay. Microcontroller berperanan dalam pengoperasian seluruh perangkat keras (hardware). Jika siswa masih be/um mengenal kata tersebut maka digunakan TV. Penggunaan TV untuk mempermudah anak untuk melihat gerak hibir pengajar. Pengujian bagian a/at dilakukan pada amplifier, sedangkan pengujian a/at secara keseluruhan diterapkan langsung pada siswa penderita tuna rungun ringan - sedang di Sekolah Luar Biasa Karya Mulia di Surabaya. Hasil pengujian untuk tuna rungu ringan antara 14 dB sampai 30 dB. Pengujian dilakukan dengan suku kata A, U. £. kata-kata ibu, bola. pepaya.buaya, sepatu, celana dapat ditirukan dengan benar 100%. Untuk kata buku hanya berhasil 50% dengan pelafalan yang tidak jelas, sedangkan untuk suku kata mata, bapak gaga/. Untuk tuna rungu sedang antara 34,4 dB sampai 53,5 dB pengujian dengan suku kata A, U. £. 0, ibu, bola berhasil 100%, tetapi untuk suku lca(a sepeda, pepaya, sepatu, celana hanya berhasil 50%, dan untuk suku kata I, mata, bapak, buku. buaya gaga!. Terjadi kegagalan dikarenakan yang didengar para siswa terdapat bunyi suku kata yang hampir serupa sehingga sulit unwk membedakan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: tuna rungu, a/at bantu bicara, pembelajaran kata
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:44
Last Modified: 12 Feb 2019 07:44
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17912

Actions (login required)

View Item View Item