Usaha Peningkatan Rendemen dan Kualitas Minyak Atsiri Nilam Basgi Petani/penyuling Minyak Nilam di Desa Pamotan Kabupaten Malang.

Ayucitra, Aning and Irawaty, Wenny and Retnoningtyas, Ery Susiany and Santosa, Hadi (2015) Usaha Peningkatan Rendemen dan Kualitas Minyak Atsiri Nilam Basgi Petani/penyuling Minyak Nilam di Desa Pamotan Kabupaten Malang. In: Seminar Nasional Seri ke-5 “Menuju Masyarakat Madani dan Lestari”, 16-12-2015, UII Yogyakarta, ISBN:978-602-71803-1-4.

[img]
Preview
Text (Usaha Peningkatan Rendemen dan Kualitas Minyak Atsiri Nilam Basgi Petani/penyuling Minyak Nilam di Desa Pamotan Kabupaten Malang.)
10p-Usaha_peningktan_rendemen_.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Usaha Peningkatan Rendemen dan Kualitas Minyak Atsiri Nilam Basgi Petani/penyuling Minyak Nilam di Desa Pamotan Kabupaten Malang.)
12p-Usaha_peningktan_rendemen_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/0B3_gisZ0kwe5enZrM...

Abstract

Minyak atsiri nilam merupakan salah satu komoditas ekspor non migas Indonesia yang cukup strategis peranannya dalam menghasilkan devisa negara. Minyak atsiri nilam Indonesia sangat digemari oleh pasar Eropa dan Amerika dan banyak digunakan untuk bahan baku industri pembuatan minyak wangi, kosmetik, farmasi, sabun, dll. karena merupakan bahan fiksatif / pengikat wewangian. Di Desa Pamotan Kabupaten Malang, penyuling minyak nilam masih menggunakan metode dan peralatan yang sederhana sehingga rendemen minyak nilam yang dihasilkan relatif rendah (< 1,7%). Penanganan hasil pasca produksi, seperti proses pemisahan dan penyimpanan minyak, juga belum dilakukan dengan optimal sehingga kualitas minyak nilam yang dihasilkan kurang baik (kadar patchouli alcohol dalam minyak nilam rendah) sehingga kurang mampu bersaing di pasar internasional. Harga jual crude minyak atsiri nilam dari penyuling minyak cukup rendah. Oleh karena itu, inovasi dan penerapan teknologi tepat guna dalam pengolahan minyak nilam merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan rendemen dan kualitas minyak nilam. Program “IbM Kelompok Penyuling Minyak Atsiri Nilam di Desa Pamotan Kabupaten Malang” ditujukan bagi penyuling minyak nilam yang berada di Dukuh Dawuhan dan Dukuh Umbulrejo, Desa Pamotan Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Kegiatan program ini meliputi: perancangan alat dan implementasi teknologi tepat guna, diskusi upaya peningkatan rendemen dan kualitas minyak nilam, dan pendampingan di lapangan pasca implementasi alat hasil inovasi teknologi baru yang tepat guna. Dengan berbekal pengetahuan dan alat teknologi tepat guna sebagai luaran program IbM ini, diharapkan dapat meningkatkan produksi dan kualitas minyak nilam yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan penyuling minyak atsiri nilam di Desa Pamotan Kabupaten Malang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN:978-602-71803-1-4
Uncontrolled Keywords: Distilasi uap, fraksinasi, minyak nilam, patchouli alcohol
Subjects: Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 13 Mar 2019 04:46
Last Modified: 09 May 2019 03:27
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/18140

Actions (login required)

View Item View Item