“Ternyata aku tidak sendiri” studi fenomenologi mengenai gambaran serta faktor-faktor resiliensi pada orang yang pernah melakukan percobaan bunuh diri

Junita, Nikita Anastasya (2019) “Ternyata aku tidak sendiri” studi fenomenologi mengenai gambaran serta faktor-faktor resiliensi pada orang yang pernah melakukan percobaan bunuh diri. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Beberapa tahun terakhir, bunuh diri menjadi fenomena yang ramai diberitakan di media massa. Bunuh diri ditemukan menjadi penyebab kematian tertinggi kedua di dunia pada individu dalam rentang usia 15-29 tahun. Bunuh diri merupakan perilaku yang dilakukan sendiri oleh seseorang dengan tujuan mengakhiri hidupnya. Bunuh diri dilakukan oleh individu dilandasi oleh beberapa faktor antara lain: stres, memiliki masalah dan putus asa. Resiliensi merupakan proses individu untuk dapat bangkit kembali dari peristiwa traumatis yang pernah dialaminya. Resiliensi banyak kaitannya dengan peristiwa traumatis maupun kejadian sulit yang dialami oleh individu. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif fenomenologi dengan teknik analisis data inductive thematic analysis. Informan dalam penelitian ini adalah orang yang pernah melakukan percobaan bunuh diri dan tidak pernah terpikir untuk bunuh diri lagi dalam 3 tahun terakhir, informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa individu yang pernah melakukan percobaan bunuh diri bisa bangkit dari keterpurukan yang pernah dialami. Hal tersebut diperoleh dari kondisi diri kedua informan saat ini yang menggambarkan individu yang resilien seperti: optimisme, memiliki kontrol diri, mengevaluasi serta memaknai pengalaman dengan sudut pandang positif, penerimaan diri, koping aktif, memiliki harapan hidup, memiliki tujuan hidup serta upaya untuk mencapainya. Proses resilien pada kedua informan juga didukung oleh faktor seperti: dukungan sosial, dan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Studi fenomenologis, bunuh diri dan resiliensi
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 6770 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2019 07:28
Last Modified: 02 Apr 2019 07:28
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/18185

Actions (login required)

View Item View Item