Karakterisasi dan uji aktivitas antibakteri dari fungi endofit daun Afrika (Vernonia amygdalina) terhadap stapylococcus aureus dan pseudomonas aeruginosa

Melinda, Clara Rosa (2019) Karakterisasi dan uji aktivitas antibakteri dari fungi endofit daun Afrika (Vernonia amygdalina) terhadap stapylococcus aureus dan pseudomonas aeruginosa. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (609kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lamprian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Insiden meningkatnya resistensi antibiotik oleh bakteri terus meningkat, sedangkan perkembangan penemuan antibiotik tidak berimbang dengan perkembangan resistensi bakteri. Fungi endofit adalah salah satu cara untuk mendapatkan senyawa antibakteri menggantikan tanaman, karena adanya transfer genetik dari tanaman inang ke dalam mikroba endofit sehingga metabolit sekunder yang terdapat dalam tanaman inang dapat dihasilkan juga oleh mikroba endofit bahkan dalam jumlah yang lebih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengkarakterisasi fungi endofit dari tanaman Daun Afrika (Vernonia amygdalina) dan menguji aktivitas antibakterinya terhadap bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus. Daun Afrika disterilisasi permukaannya dengan perendaman dalam etanol 70% selama 1 menit, natrium hipoklorit 5,3% selama 2 menit, dan alkohol 70% selama 30 detik, dilakukan pembilasan dengan akuades steril sebanyak dua kali kemudian dikeringkan dengan tisu steril dan ditanam dalam media Malt Extract Agar setelah itu diinkubasi pada suhu ruang selama 2-14 hari. Fungi endofit yang diperoleh kemudian dimurnikan, fungi yang berbeda secara makroskopis dipindahkan ke dalam media cair Potato Dextrose Yeast dan diinkubasi selama 2-14 hari, dilakukan terus sampai fungi benar-benar murni. Diperoleh 3 macam fungi yang telah murni, fungi tersebut kemudian diujikan aktivitas antibakterinya terhadap bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus. Isolat 1, 2, dan 3 masing-masing diduga masuk dalam genus Fusarium, Pythium, dan Alternaria. Karakterisasi fungi dilakukan dengan melakukan pengamatan makroskopis, mikroskopis dan uji biokimia. Hasil uji aktivitas antibakteri menunjukkan ketiga fungi endofit yang diperoleh tidak memiliki aktivitas antibakteri terhadap Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, daun afrika, fungi endofit, Vernonia amygdalina
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 6830 not found.
Date Deposited: 29 May 2019 03:42
Last Modified: 29 May 2019 03:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18459

Actions (login required)

View Item View Item