Hubungan kecerdasan emosi dengan kontrol diri pada remaja akhir Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Djunaedy, Thealandra Stephanie (2019) Hubungan kecerdasan emosi dengan kontrol diri pada remaja akhir Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak fix.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy

Abstract

Individu dalam rentang kehidupannya akan selalu berhadapan dengan berbagai masalah, terutama jika individu tersebut berada dalam fase perkembangan usia remaja yang merupakan masa yang penuh tantangan. Oleh karena itu, diperlukan adanya kontrol diri yang cukup baik dalam diri seseorang. Secara teoritis, kontrol diri individu berkaitan dengan bagaimana individu mengelola emosinya serta dorongan-dorongan dari dalam dirinya. Maka dalam penelitian ini, peneliti ingin mengkaitkan antara kontrol diri dengan kecerdasan emosi pada remaja akhir di Fakultas Psikologi UKWMS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Psikologi yang berusia 18 – 21 tahun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik incidental sampling dengan besarnya sampel sebanyak 147 partisipan. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi non-parametrik Kendall’s Tau-b. Berdasarkan hasil pengujian Kendall’s diperoleh hasil kolerasi sebesar 0,454 dengan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan kontrol diri pada remaja akhir di Fakultas Psikologi UKWMS dengan kuat hubungan yang tergolong cukup. Semakin tinggi tingkat kecerdasan emosi maka semakin tinggi tingkat kontrol diri yang dimiliki seorang remaja akhir, semakin rendah tingkat kecerdasan emosional maka semakin rendah pula tingkat kontrol diri yang dimiliki seorang remaja akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kontrol diri, kecerdasan emosi, remaja akhir
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 6838 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2019 07:52
Last Modified: 07 Nov 2019 11:16
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/18478

Actions (login required)

View Item View Item