Hubungan antara sikap terhadap ranking akademis dengan kecemasan terhadap penurunan posisi pada ranking kelas pararel

Gunawidjaja, Ratna (2003) Hubungan antara sikap terhadap ranking akademis dengan kecemasan terhadap penurunan posisi pada ranking kelas pararel. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menjadi siswa berprestasi di SMU favorit yang menerapkan Sistim Ranking Kelas Pararel (RKP) secara terbuka dapat menimbulkan dampak psikologis. Bagi siswa remaja, sekolah adalah dunia dimana ia dapat menunjukkan jati dirinya. Siswa yang pernah berprestasi baik, cenderung ingin mempertahankan prestasi, yang merupakan jati diri idealnya. Ciri-ciri era global yaitu perubahan dinamis dan persaingan juga mewarnai lingkungan siswa dan ikut membentuk sikapnya terhadap ranking akademis. Untuk dapat mempertahankan posisi RKP yang berhasil dicapainya maka siswa dituntut untuk selalu berprestasi tinggi di semua mata pelajaran, sehingga siswa harus belajar maksimal secara konsisten. Tingkat persaingan antar siswa di sekolah sangat tinggi dan materi pelajaran tidaklah mudah. Hal ini dapat menimbulkan kecemasan bagi para siswa. Maka dilakukan penelitian untuk melihat hubungan antara sikap terhadap ranking akademis dengan kecemasan terhadap penurunan posisi RKP. Subjek penelitian adalah 106 orang siswa kelas I yang berprestasi terbaik di SMUK St.Louis I pada semester 1 tahun 2003/2004 yang tidak memiliki trait anxiety. Metode pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik Korelasi Produk Moment dari Pearson. Penelitian dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer dengan memakai paket SPSS dari Window release 10 tahun1998. Hasil analisis data menunjukkan: 1. Ada hubungan positif antara sikap terhadap ranking akademis terhadap kecemasan penurunan posisi RKP (r xy=0.274 dan p=0.004). 2. Pada situasi sistim RKP yang diterapkan secara terbuka maka sebagian sikap subjek terhadap ranking akademis tergolong sedang (62%). Dan sebagian besar kecemasan subjek terhadap penurunan posisi RKP tergolong sedang (57%). 3. Subjek memiliki sikap positif dan mendukung terhadap sistim RKP. 4. Kecemasan penurunan posisi RKP pada subjek hanyalah 7.5% yang dipengaruhi oleh sikap mereka terhadap ranking akademis. Jadi subjek dengan sikap positif belum tentu memiliki kecemasan tinggi, demikian pula sebaliknya. 5. Ada 92.5% hal lain yang mempengaruhi kecemasan siswa terhadap penurunan posisi RKP. Hal-hal tersebut misalnya: faktor internal subjek yaitu stabilitas emosi, tingkat IQ, perbedaan jenis orientasi prestasi yang dimilikinya. Faktor eksternal subjek yang dapat berpengaruh yaitu: status ekonomi subjek, pengaruh orangtua, sejarah keberhasilan, pengaruh teman, pengaruh lingkungan dan budaya. Disarankan bagi peneliti lanjutan agar meneliti faktor-faktor lain yang juga mempunyai pengaruh terhadap kecemasan penurunan posisi RKP subjek yang meliputi faktor internal siswa yaitu: perbedaan jenis orientasi sukses, keyakinan subjek akan kompetensi diri, makna ranking tinggi untuk pendidikan lanjutan, sejarah keberhasilan; faktor external siswa yaitu: pengaruh orangtua, pengaruh teman, pengaruh lingkungan dan budaya. Juga dapat dilakukan penelitian di sekolah lain yang memiliki budaya lebih beragam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2015 07:32
Last Modified: 30 Mar 2015 07:32
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item