Penggambaran orang Papua pada iklan Tokopedia versi kejar jodoh

Dai, Yuliana (2019) Penggambaran orang Papua pada iklan Tokopedia versi kejar jodoh. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V .pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan bagaimana penggambaran orang Papua pada iklan tokopedia versi kejar jodoh. Peneliti menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce untuk melihat bagaimana penggambaran orang Papua dalam kaca mata media. Dengan menggunakan metode semiotika Charles Sanders Peirce, peneliti berfokus pada Ikon, Indeks dan Simbol yang dapat memunculkan interpretant. Peneliti menggunakan unit analisis verbal dan nonverbal guna menyelesaikan penelitian ini. Dengan menggunakan analisis semiotika Peirce, peneliti menemukan empat pembahasan penting dalam penggambaran orang Papua. Terdapat pembahasan mengenai pengetahuan orang Papua terhadap dunia digital, kebersihan diri, penampilan diri, serta selera musik. Dari ke empat pembahasan tersebut, terdapat penggambaran kehidupan orang Papua yang memiliki keterbelakangan dalam hal pengetahuan terhadap dunia digital serta penggambaran kebersihan diri yang tergolong kotor dan jorok. Namun terdapat penggambaran orang Papua yang modern terkait dunia fashion serta memiliki selera musik bergenre reggae. Tentunya penggambaran yang demikian dapat membentuk stereotip dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penggambaran, media, Papua, stereotip.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 6965 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:21
Last Modified: 08 Jul 2019 03:21
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/18807

Actions (login required)

View Item View Item