Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi internet financial reporting pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018

Pratiwi, Theresia Virginia Herdiyanti Eka (2019) Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi internet financial reporting pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (708kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Perusahaan didirikan dengan tujuan agar memperoleh laba. Dalam perusahaan terdapat dua pihak yaitu prinsipal (investor) dan agen (manajemen). Hasil dari pengelolaan manajer ditunjukkan oleh manajer dengan membuat financial reporting (pelaporan keuangan) dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai kondisi perusahaan kepada investor maupun pihak lain yang berkepentingan. Perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) berkewajiban memberikan financial reporting kepada instansi terkait seperti Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupa hardcopy. Seiring dengan perkembangan teknologi perusahaan diwajibkan melaporkan financial reporting melalui internet financial reporting berupa softcopy. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi internet financial reporting. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Variabel dependen yang digunakan adalah Internet Financial Reporting, sedangkan variabel independen adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, leverage dan umur listing perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan yang ada di website masing-masing perusahaan. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi. Obyek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap internet financial reporting dimana ukuran perusahaan dan profitabilitas yang besar, akan membuat manajer ingin menunjukkan kondisi perusahaan kepada pemakai sehingga menyajikan internet financial reporting lebih banyak. Likuiditas, leverage dan umur listing perusahaan tidak berpengaruh terhadap internet financial reporting, dimana semakin besar likuiditas dan leverage serta umur listing perusahaan tidak membuat perusahaan menyajikan informasi di internet financial reporting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Internet Financial Reporting
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7038 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 05:27
Last Modified: 29 Jul 2019 05:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18814

Actions (login required)

View Item View Item