Analisis dan perancangan sistem persediaan terkomputerisasi pada perusahaan jasa pemakaman dan peti mati (Studi kasus pada perusahaan peti mati Gloria)

Mahardi, Dwimantara (2019) Analisis dan perancangan sistem persediaan terkomputerisasi pada perusahaan jasa pemakaman dan peti mati (Studi kasus pada perusahaan peti mati Gloria). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy

Abstract

Sistem persediaan adalah unsur yang sangat penting didalam suatu perusahaan, karena dengan adanya sistem yang mengelola, maka proses pencatatan seluruh transaksi terkait persediaan akan menjadi lebih baik, efektif dan efisien. Pada penelitian ini objek yang digunakan adalah salah satu perusahaan jasa bersekala besar di Surabaya yaitu perusahaan jasa pemakaman dan peti mati Gloria, dimana terdapat beberapa permasalahan yang muncul didalam perusahaan tersebut. Permasalahan tersebut adalah tidak adanya dokumen pencatatan atas penerimaan dan pengeluaran persediaan, tidak adanya kartu stok persediaan, dan tidak adanya pengkodean atas masing-masing persediaan dan peralatan. Oleh karena itu diperlukannya sebuah sistem pada siklus persediaan yang dapat menyelesaikan permasalahan di perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pemakaman dan peti mati untuk dapat mengelola proses bisnis dengan menganalisis sistem persediaan, dan membuat rancangan database persediaan pada perusahaan. Peneliti menggunakan jenis data kualitatif dengan menggunakan sumber data yang diperoleh langsung dari objek penelitian dengan metode wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan prosedur baru didalam sistem penerimaan, pengeluaran persediaan, dan sistem peminjaman dan pengembalian peralatan. Selain itu penelitian ini menghasilkan beberapa dokumen baru, diantaranya adalah dokumen penerimaan barang yang berguna untuk menyimpan data penerimaan persediaan yang masuk kedalam gudang, surat jalan yang bernomor urut, kartu peminjaman dan pengembalian peralatan untuk merecord setiap peralatan yang disewakan, kartu stok persediaan untuk mengetahui jumlah persediaan yang masuk keluar dan tersedia pada suatu periode, dan daftar persediaan. Penelitian ini juga dilakukan perancangan database persediaan, sehingga jumlah persediaan terupdate secara realtime.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Siklus persediaan, sistem informasi akuntansi, analisis dan perancangan sistem, perusahaan jasa, database persediaan
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7009 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 02:08
Last Modified: 11 Jul 2019 02:08
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item