Pengaruh intellectual capital, struktur kepemilikan, dan perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan

Anen, Meryana Yunita (2019) Pengaruh intellectual capital, struktur kepemilikan, dan perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)

Abstract

Pertumbuhan perusahaan mencerminkan kelangsungan hidup perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Munculnya pesaing-pesaing baru dalam berbisnis, mendorong perusahaan agar dapat mempersiapkan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan. Perusahaan harus mampu menciptakan keunggulan yang kompetitif agar dapat mempertahankan ataupun meningkatkan nilai perusahaannya. Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan karena dapat mempengaruhi nilai perusahaan, yaitu intellectual capital, struktur kepemilikan, dan perencanaan pajak. Intellectual capital merupakan salah satu aset tak berwujud perusahaan yang berpotensi meningkatkan produktivitas perusahaan. Struktur kepemilikan yang dalam penelitian ini terdiri dari kepemilikan manajerial dan institusional, yang dapat mengurangi konflik keagenan serta tindakan oportunistik oleh manajer. Sedangkan perencanaan pajak dilakukan dengan tujuan untuk menekan pengeluaran pajak perusahaan tanpa melanggar peraturan perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh intellectual capital, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah intellectual capital, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan perencanaan pajak. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. Objek penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2017. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intellectual capital, kepemilikan institusional, dan perencanaan pajak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Intellectual capital, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, perencanaan pajak, dan nilai perusahaan
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7047 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:34
Last Modified: 11 Jul 2019 01:34
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/18955

Actions (login required)

View Item View Item