Evaluasi pengendalian internal siklus penjualan kredit non-travel agent guest (Studi kasus Hotel M Surabaya)

Wijoyo, Billy Satria (2019) Evaluasi pengendalian internal siklus penjualan kredit non-travel agent guest (Studi kasus Hotel M Surabaya). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan keunggulan pariwisata yang telah mendapat pengakuan dari dunia internasional. Industri pariwisata sendiri melingkupi berbagai industri lain sebagai penunjangnya, salah satu industri penunjang dalam industri pariwisata adalah industri perhotelan. Potensi yang sangat besar tersebut menyebabkan persaingan di industri ini menjadi sangat ketat dan membuat setiap hotel harus menawarkan suatu pengalaman lebih bagi para penggunanya dibanding hotel ataupun perusahaan jasa sejenis kompetitornya. Dalam praktiknya untuk meningkatkan daya saing, beberapa hotel melakukan inovasi dengan menawarkan cara pembayaran kredit yang juga dilakukan oleh Hotel M Surabaya. Hotel M menjual dengan sistem kredit ke berbagai kelompok pelanggan yang salah satu kelompok pelanggan yang dilayani oleh mereka adalah non-travel agent guest yaitu guest yang menggunakan jasa hotel M yang bukan merupakan biro perjalanan wisata dengan melakukan pembelian secara kredit. Siklus penjualan kredit di hotel membutuhkan pengendalian internal yang mencukupi dikarenakan hotel memiliki beban yang relatif sangat besar untuk memenuhi standar mereka dan penjualan kredit menawarkan pendapatan yang relatif besar. Hotel M memiliki pendapatan kredit dari penjualan kredit kepada non-travel-agent guest dengan nominal yang besar yang melampaui 50% dari nominal penjualan kredit secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini sendiri adalah untuk mengevaluasi permasalahan yang terjadi di pengendalian internal dalam siklus penjualan kredit di Hotel M Surabaya pada non-travel agent guest. Permasalah yang terjadi di siklus penjualan kredit Hotel M yaitu keterlambatan pelunasan piutang yang dilakukan debitur dan piutang tak tertagih. Permasalahan itu timbul dikarenakan masih ada keterbatasan dalam pengendalian internal siklus penjualan kredit yang diberlakukan di Hotel M Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pengendalian internal, penjualan kredit, piutang usaha
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7046 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:23
Last Modified: 10 Jul 2019 07:23
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18961

Actions (login required)

View Item View Item