Perancangan Prosedur Operasional Standar atas Siklus Pendapatan, Siklus Pengeluaran, dan Siklus Konversi untuk Meningkatkan Pengendalian Internal pada PB Berkat Tani

Santoso, Billy Gundara (2019) Perancangan Prosedur Operasional Standar atas Siklus Pendapatan, Siklus Pengeluaran, dan Siklus Konversi untuk Meningkatkan Pengendalian Internal pada PB Berkat Tani. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (770kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur terdapat siklus yang lebih kompleks dibandingkan dengan perusahaan yang bergerak di bidang jasa, siklus yang terdapat di perusahaan manufaktur adalah siklus pendapatan, siklus pengeluaran, dan siklus konversi. Dengan kompleknya siklus yang ada membuat perusahaan harus memiliki aktivitas pengendalian yang baik pada setiap siklusnya untuk memastikan sistem-sistem yang ada telah berjalan sesuai prosedur atau tidak. Penelitian ini dilakukan pada PB Berkat Tani yang merupakan perusahaan pemanufakturan beras yang belum memiliki prosedur operasional standar pada sistem-sistem yang berjalan di setiap siklus perusahaan, dan di PB Berkat Tani juga ditemukan beberapa permasalahan yang terjadi, yaitu kurang memadainya dokumen penunjang pada sistem pembelian, sistem persediaan, dan sistem penjualan serta terdapat ketidakkonsistenan pada job description di perusahaan, dan permasalahan yang selanjutnya adalah ketidakkonsistenan pada sistem penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif dengan menggunakan data primer yang didapat dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi di PB Berkat Tani. Penelitian ini dimulai dengan melakukan analisis aktivitas pengendalian, menganalisis dokumen terkait, dan memberikan solusi untuk permasalahan yang ada dengan melakukan desain perancangan POS atas siklus pendapatan, siklus konversi, dan siklus pengeluaran. Desain POS yang dilakukan meliputi perbaikan struktur organisasi, perbaikan prosedur, bagan alir, dan desain dokumen untuk masing-masing sistem yang bertujuan untuk peningkatan pengendalian internal pada siklus pendapatan, siklus konversi, dan siklus pengeluaran di PB Berkat Tani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Pengendalian, Prosedur Operasional Standar, Siklus pendapatan, Siklus Pengeluaran, Siklus konversi, sistem penjualan, sistem pengiriman barang dan sistem penerimaan kas, sistem pembelian dan penerimaan barang, dan sistem persediaan.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7027 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 06:22
Last Modified: 11 Jul 2019 06:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18966

Actions (login required)

View Item View Item