Pengaruh tingkat kesehatan bank dan intellectual capital disclosure terhadap nilai perusahaan perbankan

Hake, Stephanie Devina Agustin (2019) Pengaruh tingkat kesehatan bank dan intellectual capital disclosure terhadap nilai perusahaan perbankan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

Sektor perbankan mempunyai peran penting dalam pergerakan perekonomian suatu negara dan berperan sebagai lembaga intermediasi. Nilai perusahaan perbankan menjadi penting, karena setiap proses bisnis yang berjalan dilatar belakangi oleh kepercayaan. Nilai perusahaan perbankan dapat ditingkatkan oleh tingginya tingkat kesehatan bank dan intellectual capital disclosure. Tingkat kesehatan bank merupakan aspek penting yang wajib diketahui oleh bank dan stakeholder. Semakin baik tingkat kesehatan bank, maka fungsi bank sebagai lembaga intermediasi dapat lebih optimal dan dapat meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini mengukur tingkat kesehatan bank dengan metode RGEC yang terdiri atas profil risiko yang diukur dengan loan to deposit ratio (LDR), faktor rentabilitas diukur dengan rasio return on assets (ROA) dan faktor permodalan diukur dengan capital adequancy ratio (CAR). Intellectual capital disclosure merupakan informasi non-keuangan bermanfaat untuk mendukung proses pengambilan keputusan investasi. Intellectual capital disclosure dapat menjadi salah satu alternatif untuk menciptakan nilai tambah dan meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tingkat kesehatan bank dan intellectual capital disclosure terhadap nilai perusahaan. Objek penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan perbankan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan tahunan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LDR dan CAR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan perbankan, sedangan ROA dan intellectual capital disclosure berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan perbankan. Variabel kontrol ukuran perusahaan dan variabel dummy tipe kepemilikan bank tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan perbankan. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kesehatan bank dan intellectual capital disclosure meningkatkan nilai perusahaan perbankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan perbankan, tingkat kesehatan bank, intellectual capital disclosure, ukuran perusahaan, tipe kepemilikan bank
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7037 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2019 06:46
Last Modified: 10 Jul 2019 06:46
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/18975

Actions (login required)

View Item View Item