Pengaruh struktur keuangan terhadap kinerja keuangan dengan ukuran dan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel moderasi pada kelompok perusahaan LQ45 non-keuangan

Tjiptadi, Danny Indra (2019) Pengaruh struktur keuangan terhadap kinerja keuangan dengan ukuran dan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel moderasi pada kelompok perusahaan LQ45 non-keuangan. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Di tengah kondisi perekonomian nasional maupun mancanegara yang tidak menentu, hal ini menjadi tantangan bagi perusahaan untuk menjaga kelangsungan usaha maupun meningkatkan labanya. Resikonya akan menjadi lebih besar lagi bagi perusahaan yang banyak menggunakan pendanaan hutang karena mereka akan menanggung beban bunga. Harapan dari penggunaan hutang ini adalah meningkatnya pendapatan dan laba bagi perusahaan sehingga perusahaan bisa memperoleh manfaat yang besar dari hutang. Masing-masing perusahaan memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga akan dilakukan penggolongan perusahaan yang menggunakan ukuran dan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel moderasi. Ukuran perusahaan untuk melihat besar kecilnya suatu perusahaan sedangkan pertumbuhan perusahaan untuk menentukan apakah perusahaan ini sedang bertumbuh, dewasa atau bahkan sudah memasuki masa penurunan. Obyek yang digunakan adalah perusahaan kelompok LQ45 non-keuangan karena merupakan kumpulan perusahaan yang banyak diminati oleh investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh total hutang terhadap kinerja keuangan dengan/tanpa ukuran dan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan kelompok LQ45 non-keuangan. Data dalam penelitian ini diambil dari Bursa Efek Indonesia hanya untuk perusahaan yang masuk dalam kelompok LQ45 non-keuangan tahun 2013-2017. Pengambilan data diambil dengan metode purposive sampling. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda dan menggunakan SPSS sebagai alat pengolahan data. Berdasarkan hasil penelitian ini total hutang terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, pertumbuhan perusahaan memoderasi pengaruh total hutang terhadap kinerja keuangan semakin lemah namun tidak signifikan serta ukuran perusahaan memoderasi pengaruh total hutang terhadap kinerja keuangan semakin lemah dan signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Struktur keuangan, total hutang, kinerja keuangan, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan
Subjects: Business > Financial Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 7222 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 05:02
Last Modified: 11 Jul 2019 05:02
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/19053

Actions (login required)

View Item View Item