Analisis dan perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) atas siklus penjualan kredit untuk mendukung pengendalian internal pada CV. Bentang Persada

Jos, Thalia Jessica (2019) Analisis dan perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) atas siklus penjualan kredit untuk mendukung pengendalian internal pada CV. Bentang Persada. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Skripsi BAB 1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Skripsi BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
Skripsi BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Skripsi BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Skripsi BAB 5.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy

Abstract

Infrastruktur proyek pembangunan sekarang di Indonesia ini semakin meningkat dikarenakan banyak masyarakat ingin memiliki fasilitas pembangunan yang membuat aktivitas menjadi lebih cepat dan mudah sehingga persaingan perusahaan menjadi semakin ketat dan kuat termasuk untuk CV. Bentang Persada ini merupakan perusahaan yang bergerak dibidang dagang yaitu distributor utama peralatan untuk proyek pembangunan industri seperti kawat seling (Wire Rope), alat pelindung diri, dan alat rigging. Agar perusahaan tersebut dapat memiliki keunggulan dalam persaingan serta bisa mempertahankan kelanjutan bisnis dari perusahaan tersebut, maka perusahaan perlu mengetahui pentingnya prosedur operasional standar yang terstruktur dengan baik pada siklus penjualan agar transaksi penjualan dan pengendalian internal tersebut menjadi lebih efektif dan efisien. Pada saat ini, CV. Bentang Persada masih adanya permasalahan pada kegiatan prosedur operasional standar atas siklus penjualan. Permasalahan pertama yaitu kurang lengkapnya pada lembar Purchase Order (PO) yang masih menggunakan satu lembar yang menyebabkanadanya kesalahan penginputan dalam proses penerimaan pesanan. Permasalahan kedua yaitu kurangnya pencocokkan dokumen antara Purchase Order (PO) dengan Surat Jalan (SJ), Invoice, Kwitansi dan Tanda Terima yang menyebabkan adanya kerugian piutang. Permasalahan ketiga yaitu belum memilikinya prosedur operasional standar (POS) yang terkait pada siklus penjualan kredit yang menyebabkan karyawan yang berkaitan dengan siklus penjualan kredit tidak memahami hal tersebut. Mengenai permasalahan tersebut diperlukannya penambahan rangkap dokumen dan perancangan POS yang berguna untuk meningkatkan pengendalian internal yang efisien dan efektif serta menjadikan kinerja siklus penjualan kredit yang lebih baik. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dimana data yang diperoleh melalui sumber data internal perusahaan. Penelitian ini dimulai dengan melakukan wawancara dengan bagian HRD, bagian marketing, bagian admin penagihan piutang dan karyawan lainnya yang terlibat, observasi secara langsung serta menganalisis dokumentasi untuk dokumen yang terkait. Dari metode pengumpulan data tersebut, maka adanya output yang berupa hasil penelitian untuk dijadikan saran perbaikan yaitu melakukan perbaikan dari pengendalian internal, dan melakukan perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) atas siklus penjualan pada CV. Bentang Persada untuk meningkatkan kinerja pengendalian internal perusahaan yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Siklus penjualan kredit, Prosedur Operasional Standar (POS), sistem pengendalian internal
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7021 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2019 08:11
Last Modified: 10 Jul 2019 08:11
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/19073

Actions (login required)

View Item View Item