Automasi permainan boneka elektronik untuk anak-anak penyandang disabilitas dengan memanfaatkan teknik electrooculography berbasis arduino

Novitasari, Aditya Yulinar (2019) Automasi permainan boneka elektronik untuk anak-anak penyandang disabilitas dengan memanfaatkan teknik electrooculography berbasis arduino. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Anak-anak dalam kelompok usia 3 tahun hingga 5 tahun merupakan anak-anak dalam tahap pra-sekolah. Dalam usia ini anak-anak akan mencoba berbagai hal baru yang menurut mereka hal tersebut menarik. Biasanya, anak-anak dalam usia ini cenderung lebih aktif dan menyukai permainan yang bersifat aktivitas fisik. Permainan aktivitas fisik yang sering diperkenalkan oleh orang tua adalah permainan seperti mobil-mobilan, kereta dorong atau boneka yang dapat berbunyi dan bergerak. Saat ini permainan seperti mobil-mobilan, kereta dorong atau boneka tersebut hanya dapat diaktifkan atau dimatikan secara manual. Permainan dengan metode manual hanya dapat digunakan oleh anak-anak yang normal tanpa memiliki cacat fisik (kaki dan tangan). Anak-anak yang memiliki cacat fisik (kaki dan tangan) membutuhkan sebuah permainan dengan metode on atau off secara otomatis dikarenakan keterbatasan yang mereka miliki. Perancangan permainan dengan metode on atau off memanfaatkan teknik Electrooculography. Sinyal output dari EOG akan diubah menjadi sinyal pulsa dengan kondisi high untuk mengaktifkan boneka, dan kondisi low untuk menonaktifkan boneka. Pada perancangan perangkat lunak membutuhkan dua buah mikrokontroler Arduino yang digunakan sebagai pengolah hasil gerakan mata, transmitter hasil gerakan mata dan receiver hasil gerakan mata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Electrooculography, elektroda, kontrol, penyandang disabilitas, permainan anak
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Users 6140 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:12
Last Modified: 25 Jul 2019 02:12
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19093

Actions (login required)

View Item View Item