Hubungan kebiasaan sarapan dengan konsentrasi belajar pada siswa SMK Kesehatan Nur Medika Surabaya

Hidayah, Nurul (2019) Hubungan kebiasaan sarapan dengan konsentrasi belajar pada siswa SMK Kesehatan Nur Medika Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 7)
bab 7.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy

Abstract

Konsentrasi belajar seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satu diantaranya adalah asupan nutrisi atau zat gizi untuk kebutuhan tubuh seseorang. Sarapan merupakan salah satu faktor penting memenuhi zat gizi, sehingga anak dapat berkonsentrasi dengan baik dan prestasi belajar dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan sarapan dengan konsentrasi belajar pada siswa SMK Kesehatan Nur Medika Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Kesehatan Nur Medika Surabaya sebanyak 122 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Instrumen kebiasaan sarapan dan konsentrasi belajar menggunakan kuesioner dengan pendekatan skala Likert. Uji hipotesis yang digunakan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan kekuatan korelasi rendah, arah korelasi positif (r = 0.237) dan signifikan dengan nilai p-value= 0,009 (p<0,05) antara kebiasaan sarapan dengan konsentrasi belajar. Yang berarti bahwa semakin baik kebiasaan sarapan siswa, konsentrasi belajar juga semakin baik. Sarapan di pagi hari dibutuhkan untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan sarapan, konsentrasi belajar, remaja
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Users 6972 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2019 07:24
Last Modified: 12 Jul 2019 07:24
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/19171

Actions (login required)

View Item View Item