Analisis persepsi wajib pajak pemilik usaha kos di Jalan Tumapel Kota Surabaya atas berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2018

Kurniawan, Yohanes Chandra (2019) Analisis persepsi wajib pajak pemilik usaha kos di Jalan Tumapel Kota Surabaya atas berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2018. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text
abstrak harus fix.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
16. BAB 5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy

Abstract

Berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu membuat perubahan pada peraturan hingga pengenaan tarif pajak atas usaha mikro kecil menengah. Pada awalnya pajak yang dikenakan bersifat final dan dibebankan tarif sebesar 1% seperti yang dituliskan pada Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013. Peraturan tersebut mengalami perubahan sehingga pajak yang dikenakan bersifat final dan tarif yang dibebankan hanya sebesar 0,5% dari peredaran brutonya. Perubahan tarif ini juga diberlakukan kepada bisnis rumah kos dan usaha yang memenuhi syarat seperti yang dituliskan jelas di Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018. Dengan diberlakukannya aturan ini pemerintah berharap agar wajib pajak yang bersangkutan dapat mematuhi kewajiban perpajakan sehingga menambah jumlah partisipan pajak di Indonsia terkhususnya di Jalan Tumapel, Kota Surabaya Data yang digunakan untuk menunjang penelitian ini adalah data primer. Data primer sendiri adalah data yang dapat diperoleh secara langsung dari pihak-pihak yang memberikan informasi langsung melalui wawancara ataupun dengan pengisian kuisioner. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara secara langsung dengan bapak Agus, Ibu Retno, ibu Lila dan ibu Nina selaku pemilik kos di Jalan Tumapel. Data tersebut bersifat opini, karena data yang dikumpulkan untuk dilakukan analisis adalah bersisi tentang persepsi-persepsi yang dimiliki oleh wajib pajak yang memiliki usaha kos di Jalan Tumapel, Kota Surabaya pada Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018. Hasil dari Penelitian ini adalah bagaimana persepsi yang dimiliki oleh pemilik usaha kos di Jalan Tumapel, Kota Surabaya terhadap berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018. Dalam penelitian ini peneliti meneliti seputar masalah yang terkait dengan sosialisasi, perubahan tarif pajak, hingga cara pembayaran pajak yang terkait dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 sehingga penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan data primer dengan cara wawancara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018, Usaha Mikro Kecil Menengah , Pajak Rumah Kos, Persepsi, Sosialisasi, Tarif Pajak.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7068 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:27
Last Modified: 11 Jul 2019 07:27
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/19182

Actions (login required)

View Item View Item