Pengaruh ukuran perusahaan, konsentrasi kepemilikan, dan profitabilitas terhadap pengungkapan aset biologis pada perusahaan agrikultur yang terdaftar di BEI

Kamijaya, Mulyadi (2019) Pengaruh ukuran perusahaan, konsentrasi kepemilikan, dan profitabilitas terhadap pengungkapan aset biologis pada perusahaan agrikultur yang terdaftar di BEI. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Perusahaan yang bergerak di bidang agrikultur, terlebih untuk industri perkebunan, dalam aktivitasnya memiliki aset berkarakteristik unik yang membedakannya dengan aset pada industri lain yaitu aset biologis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan aset biologis . Faktor-faktor yang diteliti meliputi ukuran perusahaan, konsentrasi kepemilikan, dan profitabilitas. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan perusahaan agrikultur tahun 2014-2018 yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Tenik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan aset biologis dimana Semakin besar perusahaan yang dicerminkan oleh aset yang dimiki, maka perusahaan akan semakin profesional untuk melakukan pengungkapan aset botani. Perusahaan besar akan memaksimalkan kekuatannya untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan peraturan untuk melakukan pengungkapan aset biologis. Konsentrasi kepemilikan berpengaruh terhadap pengungkapan aset biologis, dimana jika perusahaan yang dimiliki sebagian besar, pemegang saham cenderung akan melakukan pengungkapan pada aset biologisnya agar laporan keuangan perusahaan transparan. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan aset biologis, hal ini diduga karena besar kecilnya probabilitas yang dicerminkan oleh perbandingan laba bersih dan aset yang dimiki, tidak menjadi faktor pendorong perusahaan akan melakukan pengungkapan aset biologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Mulyadi Kamijaya
Date Deposited: 15 Jul 2019 01:15
Last Modified: 15 Jul 2019 01:15
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/19252

Actions (login required)

View Item View Item