Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Seminari Santo Yohanes Paulus II Labuan Bajo pada pokok bahasan gelombang bunyi

Fricintya, Anastasia Lucita (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Seminari Santo Yohanes Paulus II Labuan Bajo pada pokok bahasan gelombang bunyi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran diujicobakan di kelas XI MIPA SMA Katolik Seminari Santo Yohanes Paulus II Labuan Bajo. Hasil validasi silabus memperoleh skor 3,50 dengan kategori “sangat valid”, RPP 3,39 dengan kategori “valid”, Buku Ajar 3,51 dengan kategori “sangat valid”, LKPD 3,69 dengan kategori “sangat valid”, dan Rencana Evaluasi 3,71 dengan kategori “sangat valid”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,86 dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,59 dengan kategori “sedang” dan presentase respon peserta didik adalah 86,75% dengan kategori “sangat positif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika pokok bahasan gelombang bunyi dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Seminari St. Yohanes Paulus II Labuan Bajo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS)
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 7275 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 02:19
Last Modified: 19 Jul 2019 02:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19259

Actions (login required)

View Item View Item