Studi pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian menurut PERMENKES nomor 35 tahun 2016 di Apotek milik PSA wilayah Surabaya Timur

Waso, Monika Angelin Dolu (2018) Studi pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian menurut PERMENKES nomor 35 tahun 2016 di Apotek milik PSA wilayah Surabaya Timur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
fix_Lampiran A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Apoteker mempunyai kewajiban untuk mengatur, mengendalikan dan bertanggung jawab terhadap setiap kegiatan yang ada di apotek agar sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian yang telah diatur pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 35 tahun 2016. Standar pelayanan kefarmasian dibuat untuk melindungi masyarakat dari pelayanan yang tidak profesional, melindungi profesi dari tuntutan masyarakat yang tidak wajar, sebagai pedoman dalam pengawasan praktek apoteker dan untuk pembinaan serta meningkatkan mutu pelayanan farmasi di apotek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan pelayanan kefarmasian di apotek milik PSA di wilayah Surabaya Timur sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 35 tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian di apotek. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental (observasional) dengan rancangan penelitian secara desktiptif. Sampel pada penelitian ini adalah Apoteker Pengelola Apotek (APA) yang bekerja pada apotek PSA di wilayah Surabaya Timur berjumlah 25 orang yang ditentukan berdasarkan consekutif sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan penggolongan kategori sangat baik (84,01-100%), baik (68,01-84,00%), cukup (52,01-68,00%), kurang baik (36,01-52,00%) dan tidak baik (20,01-36,00%). Hasil penelitian menunjukan aspek pelayanan manajerial mendapat skor 85,70% (sangat baik), pelayanan farmasi klinis 82,20% (baik) dan sumber daya kefarmasian mendapat 82,60% (baik). Kesimpulan penelitian ini adalah pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian di apotek milik PSA wilayah Surabaya Timur sudah memenuhi peraturan yang dibuat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 35 tahun 2016 dengan presentase skor yang didapat mencapai 83,50% (baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Standar pelayanan kefarmasian, Apotek PSA, Apotek Pengelola Apotek (APA), Surabaya Timur.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 6308 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:29
Last Modified: 02 Aug 2019 04:29
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/19291

Actions (login required)

View Item View Item