Pengaruh konsentrasi CMC-Na sebagai gelling agent pada sediaan pasta gigi ekstrak kulit nanas (Ananas comosus) dalam bentuk gel

Pratiwi, Riris Ratihari (2019) Pengaruh konsentrasi CMC-Na sebagai gelling agent pada sediaan pasta gigi ekstrak kulit nanas (Ananas comosus) dalam bentuk gel. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Gigi merupakan tempat ideal berkembangnya bakteri Streptococcus mutans, sehingga akan rentan terhadap penyakit terutama karies gigi. Cara tradisional dapat dilakukan untuk mengurangi dan mencegah penyebab masalah gigi adalah menggosok gigi menggunakan pasta gigi. Bahan alam yang dapat digunakan sebagai bahan aktif sediaan pasta gigi adalah kulit nanas. Kulit nanas mengandung senyawa flavonoid katekin yang berkhasiat sebagai antibakteri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsetrasi CMC-Na sebagai gelling agent pada sediaan pasta gigi ekstrak kulit nanas dalam bentuk gel serta untuk mengetahui formula terbaik sediaan pasta gigi ditinjau dari mutu fisik, stabilitas dan aseptabilitas sediaan. Konsentrasi ekstrak kental kulit nanas yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10%, sedangkan konsentrasi CMC-Na yang digunakan adalah 0,5%, 0,75% dan 1,0%. Evaluasi uji mutu fisik meliputi organoleptis, pH, homogenitas, viskositas, konsistensi, kemudahan dikeluarkan dari tube, daya sebar dan daya lekat, uji efektivitas meliputi daya antibakteri dan daya bersih, uji stabilitas meliputi ketahanan terhadap 3 suhu berbeda dan cycling tets, keamanan yang dilakukan dengan rahang sapi dan uji aseptabilitas. Hasil penelitian menunjukan CMC-Na sebagai gelling agent memberikan pengaruh yang signifikan terhadap mutu fisik, stabilitas dan aseptabilitas sediaan. Formula terbaik pada penelitian ini adalah F3 (konsentrasi CMC-Na 1,0%) karena menghasilkan mutu fisik yang sesuai dengan spesifikasi, stabil dalam berbagai penyimpanan, aseptabilitas sangat disukai dan sediaan tidak mengiritasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Uncontrolled Keywords: Ananas comosus, kulit nanas, pasta gigi, katekin, CMC-Na
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 7255 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:49
Last Modified: 15 Oct 2020 03:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19298

Actions (login required)

View Item View Item