Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis papan permainan “Journey of Physics” pada pokok bahasan momentum dan impuls untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA 1 Dan X IPA 2 SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Fransiska, Theresia (2019) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis papan permainan “Journey of Physics” pada pokok bahasan momentum dan impuls untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA 1 Dan X IPA 2 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis papan permainan “Journey of Physics” pada pokok bahasan momentum dan impuls untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis papan permainan, media pembelajaran berbasis papan permainan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta mengetahui media pembelajaran berbasis papan permainan dapat terlaksana sesuai rencana pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluation. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SMA Hang Tuah 4 Surabaya kelas X IPA 1 dan X IPA 2 yang terdiri dari 64 peserta didik. Media ini dilengkapi dengan perangkat perencanaan pembelajaran meliputi RPP yang dikategorikan sangat valid oleh ahli dengan nilai rata-rata 3,47 (skala maksimum 4) dan RE yang dikategorikan valid oleh ahli dengan nilai rata-rata 3,17 (skala maksimum 4) . Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori sangat baik oleh ahli media dengan nilai rata-rata 4,79 (skala maksimum 5), serta penilaian oleh ahli materi dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 4,13 (skala maksimum 5), dan didapatkan rata-rata penilaian yang berada dalam kategori sangat baik oleh peer reviewer dengan nilai 3,55 (skala maksimum 4). Media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, diketahui dari N-Gain score sebesar 0,58 yang berada dalam kategori sedang. Keterlaksanaan RPP dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 3,18 (skala maksimum 4). Berdasarkan angket respon peserta didik media pembelajaran berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 3,16 (skala maksimum 4).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Journey of Physics, media pembelajaran berbasis papan permainan, momentum dan impuls, hasil belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 7273 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2019 02:30
Last Modified: 07 Aug 2019 04:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19320

Actions (login required)

View Item View Item