Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2015-2017

Sammar, Yolanda Novita (2019) Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2015-2017. Undergraduate thesis, Windya Mandala Chatholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Kebijakan dividen adalah kebijakan sulit serta masih mengundang permasalahan untuk pihak internal perusahaan. Hal ini di utamakan dimana manajer keuangan diwajibkan untuk menetapkan keputusan apakah wajib membagi dividen ke pemegang saham atau menahan laba itu sebagai reinvestasi. Dari pengertian tersebut, terlihat jelas bahwa perusahaan wajib lebih cermat dalam mempertimbangkan dan mengoptimalkan kebijakan dividen. Semakin besar dividen yang dibagikan maka semakin besar keuntungan yang diperoleh oleh investor atau pemegang saham, dan semakin kecil pula laba yang ditahan. Investor bisa melihat pencapaian kinerja perusahaan lewa laporan keuangan perusahaan di kurun waktu tertentu ketika akan menetapkan besarnya dana yang akan diinvestasikan. Sementara itu, pengumuman dividen juga bisa dipakai investor untuk mengestimasi penbisaan perusahaan serta tingkat return yang investor harapkan. Hal itu juga bisa untuk menyampaikan sinyal positif serta negatif untuk investor serrta perusahaan tentang informasi kenaikan serta penurunan dividen yang akan diserahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan leverage terhadap kebijakan deviden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data penelitian ini data sekunder dari laporan perusahaan Manufaktur Data sekunder ini didapatkan dari BEI yang tersedia ICMD (Indonesia Capital Market Directory), dan website perusahaan Manufaktur. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2015-2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan adalah purposive sampling dan didapatkan 47 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa profitabilitas dan likuditas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan deviden, sedangkan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakn deviden perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2015-2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, likuiditas, leverage, kebijakan deviden
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7188 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 00:34
Last Modified: 16 Jul 2019 00:34
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/19548

Actions (login required)

View Item View Item