Evaluasi dan perancangan prosedur operasional standar pada siklus penjualan perusahaan manufaktur biji plastik (studi kasus pada PT DMP)

Septiani, Regina Retno Eka (2019) Evaluasi dan perancangan prosedur operasional standar pada siklus penjualan perusahaan manufaktur biji plastik (studi kasus pada PT DMP). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk menganalisis dan memberi evaluasi atas Prosedur Operasional Standar pada Siklus Penjualan Kredit PT Domino Makmur Plastindo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rosedur pemberian kredit dalam persetujuan harga dan batas kredit (plafon) pelanggan hanya dilakukan oleh bagian keuangan. Tidak adanya batas yang tegas dan jelas terkait nilai plafon kredit akan mengakibatkan pengendalian internal lemah. Adanya retur dari pelanggan yang langsung diperhitungkan sebagai pengurang tagihan tanpa terlebih dulu dihitung dan dicocokan antara nilai nominal dan nilai fisik retur akibat tidak ada dokumen yang yang ditandatangani oleh pelanggan, penerima retur dan bagian gudang sehingga berpotensi mengakibatkan terjadinya selisih antara nilai nominal dan nilai fisik retur yang dapat merugikan perusahaan. Dokumen pengiriman barang yang digunakan oleh perusahaan selama ini tidak menggunakan kop surat atau logo resmi yang mencantumkan alamat perusahaan yang jelas sehingga kurang menunjukkan sebagai dokumen resmi perusahaan yang sah. Dalam proses penagihan kepada pelanggan, perusahaan masih menggunakan sistem manual yang memungkinkan terjadinya kesalahan dalam menghitung tagihan pembayaran baik kesalahan dalam menghitung jumlah penjualan barang maupun retur penjualan sebagai pengurang tagihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Standar operasional prosedur penjualan kredit, fungsi terkait, dokumen, catatan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Regina retno eka Septiani
Date Deposited: 16 Jul 2019 01:35
Last Modified: 17 Jul 2019 02:48
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/19600

Actions (login required)

View Item View Item