Analisis financial distress dengan metode Altman, Springate, dan Zmijewski pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017

Oktavianus, Rico (2019) Analisis financial distress dengan metode Altman, Springate, dan Zmijewski pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017. Undergraduate thesis, Windya Mandala Chatholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan perubahan siklus ekonomi berdampak pada persaingan ketat yang dialami semua kalangan pelaku dalam dunia bisnis. Perusahaan didirikan dengan tujuan yaitu untuk ikut bersaing dan bertahan dalam dunia bisnis hingga mencapai kesejahteraan ekonomi. Perusahaan diharapkan mampu beradaptasi dengan keadaan serta dapat menjaga kestabilan ekonomi perusahaan dalam perubahan dunia bisnis. Pengelolaan perusahaan yang dipimpin secara langsung oleh manajemen perusahaan harus dilakukan dengan baik agar tujuan perusahaan bisa tercapai, tetapi jika sebaliknya, maka kondisi perusahaan akan semakin memburuk dan akan terjadi Financial Distress. Financial Distress adalah salah satu kondisi dimana tindakan manajemen yang tidak tepat dalam pengelolaan perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis financial distress dengan menggunakan metode Altman, Springate, dan Zmijewski. Desain penelitian adalah penelitian deskriptif yang mendeskripsikan (menganalisis) kondisi keuangan suatu perusahaan. Jenis data adalah kuantitatif berupa laporan keuangan perusahaan. Sumber data adalah situs di BEI berupa data sekunder. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktuktur tahun 2015-2017 di BEI. Dilakukan dengan menganalisis kondisi perusahaan berdasarkan metode Altman, Springate, dan Zmijewski. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis menggunakan metode Altman satu perusahaan dalam kondisi distress, metode Springate seluruh perusahaan dalam kondisi distress, dan metode Zmijewski terdapat lima perusahaan dalam kondisi distress dan satu perusahaan dalam kondisi non distress tahun 2017. Maka dari itu hasil analisis financial distress pada penelitian ini memiliki hasil yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Uncontrolled Keywords: Financial Distress, Metode Altman, Metode Springate, Metode Zmijewski.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7133 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 00:43
Last Modified: 17 Sep 2019 09:03
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/19606

Actions (login required)

View Item View Item