Pengaruh jenis dan konsentrasi kalsium terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik susu jagung manis-kacang hijau

Purwadi, Jonathan Nigel (2019) Pengaruh jenis dan konsentrasi kalsium terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik susu jagung manis-kacang hijau. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Cover.pdf

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 - Latar Belakang.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 - Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 - Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 - Hasil Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran A B C D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy

Abstract

Susu nabati merupakan salah satu produk yang umum digunakan sebagai pengganti sumber protein pada orang yang menderita lactose intolerance dan alergi terhadap protein susu sapi. Susu nabati memiliki beberapa kekurangan yaitu tidak lengkapnya kandungan asam amino serta rendahnya kadar kalsium. Kombinasi yang dapat digunakan dalam membuat susu nabati adalah jagung manis dan kacang hijau. Disamping itu, peningkatan prevalensi osteoporosis di Indonesia membuat produk olahan dengan kadar kalsium yang tinggi perlu dikembangkan. Fortifikasi kalsium dapat dilakukan untuk mengatasi kekurangan kalsium yang ada pada susu jagung manis-kacang hijau. Kalsium laktat dan kalsium karbonat merupakan salah satu fortifikan yang sering digunakan dalam bahan pangan karena memiliki kadar kalsium dan tingkat bioavailabilitas yang tinggi. Rancangan penelitian ini digunakan Rancangan Acak Kelompok desain tersarang. Faktor yang diteliti adalah jenis kalsium yaitu kalsium laktat dan kalsium karbonat serta konsentrasi kalsium yang terbagi menjadi tiga taraf yaitu 0,6%; 0,9%; 1,2%. Pengulangan dilakukan sebanyak empat kali. Parameter yang diuji adalah kestabilan koloid, kadar kalsium, total padatan, protein, pH, dan kesukaan organoleptik (warna, kekentalan, dan rasa). Data hasil pengujian akan dianalisis menggunakan uji Analysis of Variance (ANOVA) pada α=5% untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh jenis kalsium dan konsentrasi kalsium terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik susu jagung manis-kacang hijau. Apabila hasil uji ANOVA menunjukkan adanya perbedaan nyata, maka akan dilakukan uji lanjutan, yaitu uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) untuk menentukan taraf perlakuan yang memberikan perbedaan nyata. Pemilihan perlakuan terbaik didasarkan pada uji organoleptic (warna, kekentalan, dan rasa) dengan metode spider web.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Susu jagung manis-kacang hijau, kalsium karbonat, kalsium laktat, sifat fisikokimia, sifat organoleptik
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 7342 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 02:59
Last Modified: 22 Jul 2019 02:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19716

Actions (login required)

View Item View Item