Pengaruh intellectual capital terhadap profitabilitas dan harga saham perusahaan sektor jasa perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2015-2017

Stefanus, . (2019) Pengaruh intellectual capital terhadap profitabilitas dan harga saham perusahaan sektor jasa perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2015-2017. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)

Abstract

Intellectual Capital (IC) memiliki tiga komponen, human capital, structural capital dan capital employed. Pengungkapan IC pada laporan tahunan bertujuan untuk meningkatkan nilai pasar yang mungkin akan menarik investor untuk berinvestasi pada perusahaan. Perbankan merupakan salah satu industri yang masuk dalam kategori industri berbasis pengetahuan (knowledge based-industries). Peneliti tertarik untuk meneliti, apakah perusahaan bank yang mengharuskan pelayanan inovatif, ketika mengungkapkan IC dalam laporan tahunannya dapat meningkatkan profitabilitas dan harga saham. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis structural equation modeling (SEM). Data analisis dengan menggunakan SEM dengan program Smart PLS (Partial Least Square) yang memberikan gambaran jelas hubungan antara konstruk penelitian. Persamaan struktural pertama adalah menjelaskan pengaruh structural capital efficiency (SCE), human capital efficiency (HCE), dan capital employed efficiency (CEE) terhadap profitabilitas dan hasilnya memiliki pengaruh positif terhadap profitabilitas, sedangkan intellectual capital keseluruhan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Struktural kedua menunjukkan bahwa profitabilitas juga memiliki pengaruh positif terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Subjects: Business > Financial Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 7287 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:46
Last Modified: 09 Aug 2019 08:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19802

Actions (login required)

View Item View Item