Studi Eksperimental Halo Effect dalam Penilaian Risiko Bisnis Klien pada Auditor Berpengalaman

Wardani, Rr. Puruwita (2019) Studi Eksperimental Halo Effect dalam Penilaian Risiko Bisnis Klien pada Auditor Berpengalaman. Jurnal Online Insan Akuntan (JOIA), 4 (1). pp. 55-72. ISSN e-ISSN: 2528-0163, Terindeks Sinta 5

[img]
Preview
Text (Studi Eksperimental Halo Effect dalam Penilaian Risiko Bisnis Klien pada Auditor Berpengalaman)
3-Studi_eksperimental_.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Studi Eksperimental Halo Effect dalam Penilaian Risiko Bisnis Klien pada Auditor Berpengalaman)
3-Studi_eksperimental_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Studi Eksperimental Halo Effect dalam Penilaian Risiko Bisnis Klien pada Auditor Berpengalaman_peer_review)
3-R1&2_Studi_eksperimental_ .pdf

Download (680kB) | Preview
Official URL: http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/ar...

Abstract

Audit berbasis risiko merupakan penekanan utama dalam pengauditan. Penilaian risiko sangat penting dalam perencanaan audit yang dimulai dari pemahaman bisnis klien. Informasi awal tentang bisnis klien dapat mempengaruhi penilaian auditor bias atas risiko bisnis klien. Bias informasi awal tentang klien yang dialami oleh auditor merupakan halo effect. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh halo effect baik positif maupun negatif pada auditor yang memiliki pengalaman dalam menentukan risiko bisnis klien. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 55 auditor berpengalaman yang mengikuti audit training pada salah satu perguruan tinggi di Surabaya pada tanggal 25 Maret 2019. Hasil dari penelitian ini pertama adalah auditor yang mengalami halo effect positif akan memberikan penilaian awal yang lebih rendah daripada penilaian akhir terhadap risiko bisnis klien. Kedua, auditor yang mengalami efek halo negatif akan memberikan penilaian awal yang lebih tinggi daripada penilaian akhir terhadap risiko bisnis klien. Artinya halo effect positif maupun negatif mempengaruhi auditor dalam menentukan risiko bisnis klien. Berdasarkan belief adjustment theory, auditor yang terkena halo effect akan merevisi keputusan penilaian risikonya setelah memperoleh informasi tambahan mengenai bisnis klien. Hal ini membuktikan bahwa supervisi dalam audit berjalan dengan baik sehingga meskipun auditor terkena bias informasi di awal, namun dengan sikap skeptisme profesional yang dijalankannya, auditor dapat dengan tepat melakukan penilaian atas risiko bisnis klien. Hasil ini memberikan kontribusi bagi auditor untuk selalu mengutamakan sikap skeptisme profesional dalam menentukan penilaian risiko bisnis klien.

Item Type: Article
Additional Information: Terindeks Sinta 5
Uncontrolled Keywords: Halo Effect Positif, Halo Effect Negatif, Penilaian Risiko Bisnis Klien, Belief Adjustment Theory
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 28 Aug 2019 07:22
Last Modified: 06 Sep 2019 03:04
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/20007

Actions (login required)

View Item View Item