Hubungan antara self efficacy dengan adversity quotient pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Boleng, Maria Ancila Danesia (2019) Hubungan antara self efficacy dengan adversity quotient pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa adalah peserta didik pada jenjang pendidikan tinggi yang siap menjadi dewasa dalam tanggungjawab yang lebih tinggi. Salah satu persyaratan untuk dapat menyelesaikan pendidikannya yaitu dengan membuat sebuah karya ilmiah yang dinamakan skripsi. Skripsi sering dianggap sebagai sebuah kesulitan sehingga menimbulkan rasa takut dan malas untuk mengerjakannya. Oleh sebab itu, dibutuhkan kemampuan untuk dapat mengubah kesulitan tersebut menjadi tantangan yang harus dihadapi (adversity quotient). Untuk dapat memiliki kemampuan tersebut, mahasiswa harus memiliki keyakinan bahwa dirinya mampu untuk menghadapi tantangan yang dihadapinya (self efficacy). Tujuan dari penelitian ini ialah melihat hubungan antara self efficacy dengan adversity quotient pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa UKWMS yang sedang mengerjakan skripsi lebih dari satu semester (N= 52). Penelitian sampel penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling dan snowball. Data diperoleh dengan menggunakan skala self efficacy dan skala adversity quotient yang dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukan nilai rxy=0,618 dan nilai p=0,000 (p < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan berarah positif antara self efficacy dengan adversity quotient pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorPrasetyo, EliNIDN0726068203eli@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, adversity quotient, mahasiswa, skripsi
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 7519 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 01:38
Last Modified: 10 Dec 2019 02:12
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/20199

Actions (login required)

View Item View Item