Dinamika self-esteem pada mahasiswa penyandang tunadaksa di Universitas X Surabaya

Hingkua, Jeanet Yener (2019) Dinamika self-esteem pada mahasiswa penyandang tunadaksa di Universitas X Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK UPLOAD.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN. PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tunadaksa merupakan kondisi kecacatan fisik yang dimiliki seseorang sehingga adanya bagian tubuh yang tidak berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Keadaan yang dialami tersebut membuat seseorang merasakan emosi negatif, dan mendapatkan beberapa kesulitan dalam melakukan aktivitasnya khususnya individu yang juga memiliki peran sebagai mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pemaknaan diri seorang tunadaksa dan bagaimana proses dinamika self-esteem yang dimiliki individu penyandang tunadaksa dalam menjalani peran sebagai mahasiswa. Self-esteem merupakan penilaian yang dilakukan seseorang terhadap dirinya sendiri. Penilaian atau evaluasi yang diberikan setiap orang berbeda-beda, dapat secara positif maupun negatif sehingga mempengaruhi perilaku seseorang dalam melakukan aktivitasnya serta hasil yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif induktif dengan metode fenomenologi. Informan penelitian ini adalah seorang mahasiswa dengan tunadaksa sejak lahir. Pengambilan data dilakukan melalui proses wawancara terhadap dua informan penelitian. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kedua informan memiliki penilaian yang positif terhadap diri masing-masing. Kedua informan sudah bisa menerima keadaan keterbatasan fisik yang dialami sejak kecil serta berdamai dengan pengalaman kurang menyenangkan di masa lalu. Proses terbentuknya penilaian positif kedua informan dilihat dari adanya dukungan sosial sehingga kedua informan memiliki perasaan keberartian diri, nilai-nilai kehidupan, kemampuan dan keterampilan dalam melakukan aktivitas dan meraih cita-cita sebagai anak khususnya sebagai seorang mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorEngry, AgustinaNIDN711130787agustinaengry18@hotmail.com
Uncontrolled Keywords: Self-esteem, tunadaksa, peran sebagai mahasiswa
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 7512 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2020 04:24
Last Modified: 29 Jan 2020 04:24
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/20242

Actions (login required)

View Item View Item