Hubungan citra diri dengan intensitas menggunakan media sosial dan celebrity worship pada remaja perempuan yang mengalami obesitas

Prajitno, Angeline Pricinka Leoni Poppy (2019) Hubungan citra diri dengan intensitas menggunakan media sosial dan celebrity worship pada remaja perempuan yang mengalami obesitas. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Repo.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I Repo.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II Repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
Bab III Repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Bab IV Repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
Bab V Repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy

Abstract

Citra diri adalah gambaran subyektif individu tentang tubuh ideal yang dipengaruhi oleh penilaian orang lain. Citra diri dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya media sosial. Media sosial membuat remaja dengan mudah mengidentifikasikan sosok idola yang dianggapnya memiliki fisik ideal. Remaja perempuan terutama yang memiliki tubuh obesitas akan mengidentikan dirinya dengan idola yang memiliki tubuh yang ideal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas menggunakan media sosial dan celebrity worship dengan citra diri pada remaja perempuan yang mengalami obesitas. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja perempuan (N=35) berusia 13-22 tahun, mempunyai media sosial, dan BMI ≥25. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Alat ukur dalam penelitian ini berupa skala citra diri, celebrity worship dan intesitas penggunaan media sosial. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis non parametrik kendall’s tau-b, yang dilakukan dengan bantuan Statistical Package for Social Sciences for windows versi 16. Hasilnya, koefisien korelasi r_yx2 sebesar -0.258 dengan sig 0.033 (Sig < 0.05) antara celebrity worship dan citra diri yang artinya terdapat hubungan negatif antara citra diri dengan celebrity worship. Sedangkan pada perhitungan korelasi antara citra diri dan intensitas penggunaan media sosial diperoleh hasil koefisien korelasi r_yx1(durasi) sebesar 0.20 dengan sig 0.159 sedangkan koefisien korelasi r_yx1(frekuensi) sebesar -0.157 dengan sig 0.371 yang artinya tidak ada hubungan antara citra diri dan intensitas penggunaan media sosial baik dari segi durasi dan frekuensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorRepi, Andhika AlexanderNIDN0701079101andhika@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Citra diri, intensitas dan media sosial, durasi, frekuensi
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 7532 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:47
Last Modified: 17 Dec 2019 04:47
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/20260

Actions (login required)

View Item View Item