Dinamika psikologis orang yang mencapai aktualisasi diri

Soebroto, Budiono (2019) Dinamika psikologis orang yang mencapai aktualisasi diri. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Aktualisasi diri merupakan bagian tertinggi dari hirarki kebutuhan manusia. Menurut teori Abraham Maslow, seseorang dapat dikatakan mencapai aktualisasi diri jika telah memenuhi 4 kebutuhan dasar (kebutuhan fisik, rasa aman, cinta, dan kepercayaan diri), tidak menunjukkan ciri-ciri psikopatologis, dan memegang B-values (metaneeds). Penelitian ini bertujuan melihat dinamika psikologis orang yang mencapai aktualisasi diri. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara terhadap 3 orang narasumber, 2 diantaranya laki-laki, dan satu narasumber perempuan. Rentang usia narasumber antara 47 hingga 92 tahun. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pola asuh orangtua dan spiritualitas mempengaruhi pembentukan metaneeds dan human kinship. Metaneeds/B-value adalah nilai-nilai yang menurut Maslow dimiliki oleh orang yang beraktualisasi, sedangkan human kinship adalah kecintaan kuat terhadap kemanusiaan oleh orang yang beraktualisasi. Pembentukan metaneeds/human kinship ini disebabkan berbagai kebaikan dari orangtua dan spiritualitas membantu seseorang untuk berpandangan positif dalam menghadapi permasalahan yang sangat berat sekalipun. Permasalahan berat tersebut memberi pemahaman akan permasalahan atau kekurangan dari manusia, sedangkan nilai-nilai yang juga dipelajari dari orangtua dan spiritualitas membantu pembentukan solusi untuk masalah tersebut. Dari proses ini terbentuk sebuah primary metaneeds, yaitu istilah yang dikemukakan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan sebuah metaneeds yang menjadi dasar dinamika psikologis mereka dan tercermin dalam tindakan dan bentuk aktualisasi diri mereka. Sedangkan human kinship menjadi pendorong untuk bermanfaat bagi orang lain yang terus menerus bertambah kuat seiring bertambahnya pengalaman dengan manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Rahardanto, Michael Seno
NIDN0706048102
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aktualisasi diri, primary metaneeds, human kinship, metaneeds, B-values, metamotivasi, pola asuh orangtua, spiritualitas
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 7540 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2020 07:11
Last Modified: 30 Jan 2020 07:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20301

Actions (login required)

View Item View Item